Rumah Adat Joglo Jawa Timur Indonesia

Rumah Adat Indonesia: Rumah Joglo: Gambar Rumah Adat Joglo Jawa Timur - Indonesia sangat kaya akan kebudayaan dan kita bisa melihat banyak sekali rumah adat karena suku budaya yang sangat beragam pula. Rumah adat akan memperlihatkan kebudayaan suatu daerah juga. Di Jawa sendiri kita akan dengan mudah menjumpai rumah Joglo. Rumah Joglo ini tak hanya dikenal dan ditemukan di Jawa Tengah akan tetap bisa ditemukan di Jawa Timur juga. Rumah adat Joglo bisa ditemukan di beberapa daerah di Jawa Timur salah satunya di Ponorogo. Ada beberapa bagian yang bisa kita temukan di rumah Joglo Jawa Timur dan tidak terlalu berbeda dengan rumah Joglo Jawa Tengah.

Di bagian ruang depan, kita bisa melihat pendopo yang biasanya mempunyai beberapa fungsi. Fungsi pendopo sendiri adalah tempat untuk menerima tamu yang datang ke rumah. Kedua, tempat ini juga merupakan balai pertemuan karena pada jaman dahulu kala, rumah dengan bentuk seperti ini hanya dimiliki oleh para bangsawan dan juga kepala desa. Ketiga, di ruang depan atau pendopo bisa juga difungsikan sebagai tempat digelarnya upacara adat. Selain bagian ruang depan, ada juga bagian belakang. Bagian belakang ini terdiri dari kamar-kamar dan juga bagian dapur atau pawon.

Gambar desain Rumah Adat Joglo Jawa Timur

Dibagian samping rumah Joglo kita bisa menemukan sentong kiwa atau kamar bagian kiri, sentong tengan atau kamar bagian tengah dan juga sentong tangen atau sentong bagian kanan. Seperti yang kita bisa lihat di Joglo Jawa Tengah, Joglo Jawa Timur juga dibuat dengan hiasan sulur gelung diatas pintu sebelum kita akan memasuki rumah induk. Hal ini digunakan untuk menghalau unsure dan maksud jahat yang datang dari bagian luar.

Gambar Rumah Adat Joglo

Rumah Adat perlu dilestarikan karena saat ini kita sudah sangat jarang menemukan rumah adat yang memang dibuat dengan aturan seperti rumah adat tempo dulu. Kalaupun ada, biasanya pemilik rumah sudah merubah dan memasukkan unsur budaya modern yang tentunya tak lagi memperlihatkan budaya khas suatu daerah di masa lalu. Rumah adat akan menjadi warisan budaya bagi anak cucu kita di masa depan sehingga sangat perlu dipelihara dan dilestarikan.

Nah itulah yang bisa saya share mengenai Rumah Adat Joglo Jawa Timur pada tulisan kali ini. Semoga saja tulisan saya di blog yang membahas tentang Properti dan Otomotif Indonesia: Info sewa, kontrak, contoh, gambar, desain, rumah, minimalis, apartemen, tanah, dijual, perumahan, murah ini bermanfaat bagi kita semua.



Post a Comment