Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya - Rumah adat asal Manado adalah Rumah Adat Walewangko, nama lain dari rumah adat ini adalah rumah Pewaris. Rumah ini berdiri kokoh di atas tiang dan balok-balok yang menopang lantai, dua diantaranya tidak boleh di sambungkan. Pada bagian kolong rumah adat Walewangko digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil bumi atau biasa disebut oleh masyarakat sana Godong.

Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya : Rumah adat Orang Manado ini sama halnya juga dengan rumah adat pada umumnya yang terdiri atas beberapa bagian, desain Pintu rumah adat ini diletakkan di bagian depan, sedangkan untuk tangga terdapat pada bagian sisi kiri dan sisi kanan serta bagian tengah belakang rumah. Bagian pertama Rumah Adat di Manado ini adalah bagian depan atau yang juga biasa di sebut lesar, pada bagian ini tidak di lengkapi dengan dinding sehingga lebih mirip dengan beranda. Lesar biasanya banyak di gunakan oleh para tetua adat juga kepala suku untuk memberikan sebuah maklumat kepada para rakyatnya. Pada bagian kedua rumah adat ini adalah serambi bagian depan atau biasa juga di sebut dengan sekey, pada bagian ini di lengkapi dengan dinding dan letak dari sekey tepat di depan pintu masuk, ruangan ini difungsikan untuk menerima tamu dan juga ruangan untuk melakukan upacara adat dan perjamuan undangan. Pada bagian ke tiga atau bagian terakhir dari rumah ini adalah, tempat penerimaan tamu yang masi memiliki kekerabatan dengan pemilik rumah, atau bagian ini juga biasa di sebut dengan Pores. Pores berfungsi selain sebagai tempat perjamuan, bagian ini juga biasanya berfungsi sebagai tempat melakukan aktifitas keluarga, bagian ini juga tersambung dengan Ruang makan, tempat tidur, dan juga dapur.

Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya, Rumah Adat Walewangko

Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya : Arsitektur rumah adat ini serta ke unikannya terletak pada bagian depan rumah ini, yaitu lebih tepatnya pada bagian tangga, karena rumah ini memiliki sebuah tangga yang jarang kita temukan, arsitektur tangga ini sengaja di buat seperti ini dari kepercayaan nenek moyang mereka, yang mengatakan apa bila roh jahat naik menggunakan tangga yang satu maka jika dia keluar akan menggunakan tangga yang satunya lagi. Rumah adat ini dulunya hanyalah terdiri dari satu ruang, dan biasanya jika ingin memisahkan ruangan hanya menggunakan tali atau rotan saja.

Nah itu dia beberapa informasi tentang Desain Bentuk Rumah Adat Manado dan Penjelasannya, Rumah Adat Orang Manado, Walewangko atau biasa juga di kenal dengan Rumah adat pewaris, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua, salam budaya, dan tetap lestarikan budaya negri kita Indonesia.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment