Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya

Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya - Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam, Rumah Adat Krong Bade http://thewritingjungle.blogspot.com/ : Rumah Adat Orang Nanggroe Aceh Darussalam adalah rumah adat yang berasal dari Aceh, yan g dimana rumah ini memiliki bentuk keseragaman pada seluruh bentuk bangunan rumah, serta mempunyai tata letak yang memanjang dari timur ke barat. Penentuan arah ini dikhususkan pada rumah Krong Bade agar mudah dalam menentukan arah kiblat untuk solat.

Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya : Rumah Adat di Nanggroe Aceh Darussalam ini lebih dikenal dengan nama Rumah Adat Keong Bade. Desain bentuk Rumah Adat Orang Nanggroe Aceh Darussalam ini adalah berbentuk rumah panggung, pada bagian lantai rumah ini di rancang setinggi 9 kaki dari tanah atau lebih, dan bersandar pada tiang-tiang penjangga dari kayu dengan ruang kolong dibawahnya. Rumah Adat Krong Bade mempunya keistimewaan pada kekokohan bangunannya, dan lebih uniknya bagian-bagian rumah adat ini tidak disatukan menggunakan skrup dan paku, melainkan menggunakan ikatan tali ijuk, pasak, serta baji.

Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya, Rumah Adat di Indonesia
Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Rumah Adat di Nanggroe Aceh Darussalam, Rumah Krong Bade, mempunyai bentuk persegi panjang, dan tata letaknya membentang dari timur ke barat, luas lantai pada rumah ini melebihi 200m2 dengan ketinggian atap pada rabung kurang lebih 8m, tampilan luar rumah biasanya biasanya berwarna hitam gelap di selingi dengan corak khas has aceh itu sendiri.
Rumah Adat Krong Bade memiliki 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan : Seuramoeh Keue di sebut Serambi Depan, Seuramoeh Teungoh atau di sebut serambih tangah serta Seuramoe Likot atau di sebut serambi Belakang, serta bagian tambahan yagn biasa di sebut Rumoh Dapu (Rumah Dapur).

Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya, Rumah Adat Indonesia Barat
Rumah Adat Indonesia, Aceh

Ciri khas Rumah Adat ini terdapat pada Rumah Krong Bade memiliki tangga di bagian depan rumah bagi orang-orang yang akan masuk ke dalam rumah, Rumah Krong Bade memiliki tangga karena tinggi rumah yang berada beberapa meter dari tanah, Umumnya, tingga Rumah Krong Bade dari tanah adalah 2,5-3 meter, Jumlah anak tangga Rumah Krong Bade umumnya ganjil, Rumah Krong Bade memiliki bahan dasar yaitu kayu, Rumah Krong Bade juga memiliki banyak ukiran pada dinding rumahnya, Banyaknya ukiran pada Rumah Krong Bade bergantung dari kemampuan ekonomi pemilik rumah, Ukiran ini pun tidak sama satu dengan yang lain. Rumah Krong Bade berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat. Atap Rumah Krong Bade terbuat dari daun rumbia.

Itu dia bebrapa informasi tentang Desain Bentuk Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam dan Penjelasanya, semoga bermanfaat, tetap lestarikan budaya Indonesia.

Informasi Properti (Rumah, Tanah, Apartemen, Ruko) dan Otomotif (Mobil dan Motor) Indonesia


Post a Comment