Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya – Rumah Adat Papua yang biasa disebut Honai sama dengan rumah adat yang lain yang terdapat di daerah seluruh Indonesia, http://thewritingjungle.blogspot.com/ Papua pun punya rumah adat sendiri, Rumah adat ini biasa di temukan di lembah-lembah dan daerah pegunungan bagian tengah pulau Papua.

Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya : Rumah Adat di Papua atau rumah adat Honai ini mempunyai 2 tingkat lantai, lantai pertama untuk tempat beristirahat, dan lantai ke dua digunakan untuk beraktifitas, bersantai dan kegiatan aktifitas keluarga lainnya. Rumah Hanoi memiliki tinggi 2,5m, pada malam hari rumah ini menggunakan kayu bakar sebagai penerangan, dan bara api juga berguna untuk menghangatkan badan, pada bagian tengah rumah Honai terdapat galian yang berfungsi sebagai selain digunakan sebagai penerangan.

Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya, rumah honai
Struktur rangka Rumah Adat Papua, Honai

Daerah pegunungan serta lembah di pulau Papua mempunyai hawa yang cukup dingin, maka dari itu rumah Honai dibuat dan dirancang bulat agar dapat meredam hawa dingin dan juga tiupan angin yang kencang. Rumah Adat Orang Papua ini memiliki bentuk atap bulat seperti kerucut yang terbuat dari Ilalang atau Jerami, dengan bentuk atap seperti ini dapat melindungi seluruh dinding rumah agar tidak terkena air hujan dan meredam hawa dingin untuk tidak masuk ke dalam rumah, Rumah Adat di Papua ini terbuat dari kayu, dan uniknya hanya mempunyai satu pintu pendek tanpa jendela, jadi rumah adat Honai tidak memiliki jendela.

Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya, rumah Honai
rumah adat Papua


Fungsi lain dari rumah Hanoi adalah sebagai tempat penyimanan alat-alat perang dan berburu, tempat mendidik anak laki-laki agar menjadi kuat dan menjadi berguna bagi suku, tempat mengatur strategi perang jika terjadi perang, dan juga tempat menyimpan berbagai alat-alat, dan symbol suku adat ayng telah di tekuni dari dulu. Rumah ini juga di bagi atas 3, Rumah untuk para lelaki di srbut Honai, buat para wanita di sebut Ebei dan untuk ternak babi di sebut Wamai, dan ternyata di papua hanya terdapat rumah adat Hanoi saja jika terdapat sedikit perbedaan sebenarnya sama saja itu di karenakan perbedaan daerah saja. Dan pada bagian luar rumah Honai ini ada batu-batu yang mengelilingi rumah dan itulah yang membuat rumah adat ini menarik selain dari bentuknya sendiri.

Sekian Desain Bentuk Rumah Adat Papua dan Penjelasannya yang bisa Mimin share. Terima kasih semuanya, semoga ini bermanfaat dan tetap lestarikan budaya Indonesia.

Informasi Properti (Rumah, Tanah, Apartemen, Ruko) dan Otomotif (Mobil dan Motor) Indonesia


Post a Comment