Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara dan Penjelasannya – Rumah Adat Sumatera Utara : Rumah Adat Bolon adalah rumah adat yang berasal dari Sumatera Utara, http://thewritingjungle.blogspot.com/. Kata Bolon yang berarti besar, persis dengan bentuknya yang sangat besar, Rumah Adat Orang Sumatera Utara ini memiliki Desain Bentuk seperti rumah adat pada umumnya, yaitu memiliki kolong dibagian bawah dengan tinggi sekitar 2 meter, fungsi dari kolong ini adalah untuk memelihara hewan ternak. Rumah adat ini memiliki tangga dibagian depan dengan jumlah anak tangga yang ganjil, pada saat ingin memasuki pintu kita harus tunduk, karena bentuk pintu yang agak pendek, ini sengaja di buat agar pada saat masuk kita merunduk untuk menghormati orang yang mempunyai rumah.

Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara di Indonesia dan Penjelasannya
Rumah Bolon, Rumah Adat Sumatera Utara
 
Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara dan Penjelasannya : Pada umumnya Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara atau Rumah Bolon berbentuk panggung dengan tiang-tiang bulat bergaris tengah sekitar 40 cm sebagai penyangga, pada bagian kiri dan kanan terdapat ukiran yang menggambarkan payudara yang melambangkan kesuburan (odap-odap), dan ada juga ukiran cicak sebagai lambang penjaga dan pelindung rumah (boraspati), pada dinding rumah di lapisi dengan papan setebal 15 cm dan dihiasi dengan ornamen khas yang berwarna merah, hitam, dan putih yang menampilkan pandangan kosmologi dan filosofis budaya batak. Pada Rumah Adat Suku di Sumatera Utara ini terdapat Ukiran khas batak yang di sebut gorga yaitu sebuah ornament yang mengandung unsur mistis penolak bala, ukiran ini di tempatkan pada bagian dinding rumah bagian luar, ukiran ini berbentuk lukisan hewan, seperti Kerbau, atau Cicak. Sedangkan Simbol Padi dan Kerbau yang terpasang pada ujung bumbung atap yang di ikatkan seutas tali yang menggangtungkan tatabu (labu yang berisi ramuan magis) atau biasa di sebut tanjung banu yang berfungsi untuk menangkal petir dan api, sedangkan atap rumah terbuat dari ijuk.

Desain Bentuk dan Ornamen Rumah Adat Sumatera Utara di Indonesia dan Penjelasannya
Ornamen dan Ukiran pada Desain Fasad Rumah Adat Sumatera Utara

Desain Bentuk Rumah Adat Sumatera Utara dan Penjelasannya : Rumah Adat Sumatera Utara, Rumah Bolon didesain menjadi beberapa bagian antara lain : Bagian depan (Lopou), menjadi tempat memasak istri Raja, untuk makanan para tamu (Puang Pardahan), dan pemasak nasi Raja (Puang Poso), sedangkan di bagian sisi kanannya adalah tempat tidur Raja yang berbentuk rumah, seperti rumah kecil yang memiliki atap, dinding, dan pintu, sedangkan dibagian kolong kamar tidur ada sebuah kamar Ajudan Raja yang dikebiri (ikasihkon), pada bagian dinding bagian kanan ada dua gong atau disebut Ogung. Gong ini digunakan pada saat anak Raja lahir, jika anak Raja lahir perempuan maka gong ini akan di pukul dengan angka genap, jika yang lahir putra maka bedil untuk upacara adat yang tersimpan agak ke dalam akan diletuskan sebanyak angka ganjil. Karena Raja sering kawin maka rumah ini diperbesar, dari sinilah rumah ini di sebut Bolon. Itulah beberapa informasi tentang rumah adat yang bisa saya berikan semoga bermanfaat mari lestarikan budaya Indonesia.

Informasi Properti (Rumah, Tanah, Apartemen, Ruko) dan Otomotif (Mobil dan Motor) Indonesia



Post a Comment