Rumah Adat Unik Di Indonesia

Rumah Adat Unik Di Indonesia – Bicara mengenai Budaya di Indonesia, tentu tidak ada habisnya, terutama mengenai budaya arsitekturnya. Salah satu budaya arsitektur yang menjadi kebanggaan orang Indonesia adalah Arsitektur Rumah Adatnya. Terdapat banyak Desain Bentuk Rumah Adat Unik di Indonesia, dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai keunikan dari Desain Bentuk Rumah Adat di Indonesia.

Rumah Adat Unik di Indonesia : Berdasarkan riset yang telah saya lakukan, maka saya menyimpulkan bahwa ada 5 Rumah adat Unik di Indonesi. Berikut 5 Rumah Adat Unik di Indonesia tentu saja versi saya  :

1. Rumah Adat Papua (Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat Honai)

Rumah Adat Unik Di Indonesia, Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat, Budaya Arsitektur
Rumah Adat Unik di Indonesia
Rumah adat Papua ini sangatlah unik, keunikan dari rumah in bisa kita lihat dari bentuknya, bentuk rumah ini menyerupai jamur. Namun bukan cuma dari bentuknya saja yang unik tapi juga bahan yang digunakan pada bangunan ini, yaitu bahan dari alam seperti jerami/ilalang untuk atap, dan kayu sebgai strukturnya. Rumah adat ini banyak akan kita temui jika kita masuk ke tengah pulau Papua, dekat lembah. Desain Bentuk rumah Adat Honai ini sangatlah unik, keunikannya terletak pada bentuknya yang seperti Jamur. Bentuk seperti ini tidak sertamerta dibuat begitu saja, namun bentuk yang melingkar ini dimaksudkan untuk meredam hawa dingin dan tiupan angin yang cukup kencang di daerah lembah. Keunikan lain dari rumah Adat Honai ini adalah tidak seperti pada rumah lain pada umumnya, rumah adat di Papua ini tidak memiliki Jendela ataupun ventilasi, hanya memiliki 1 pintu untuk keluar dan masuk. Pada bagian dalam rumah ada galian dibagian tengah untuk memasak, dan membakar arang untuk menghangatkan diri pada malam hari. Menurut mimin rumah ini memiliki desain bentuk yang arsitekturnya sangatlah megah, sesuai kebutuhan, beradaptasi dengan perilaku pelaku dan aktifitas dan sangat ramah lingkungan.

2. Rumah Adat Sulawesi Utara (Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat Minahasa)

Rumah adat ini berbentuk rumah panggung sama seperti kebanyakan rumah adat lainnya, tapi rumah adat ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terletak pada bentuk tangganya, bentuk tangga ini di buat menjadi 2 jalur, sisi kiri dan sisi kanan, dan terletak dibagian depan rumah, membentuk seperti huruf X. Menurut kepercayaan pendahulu, Nenek Moyang Minahasa, tangga tersebut sengaja dibuat berbentuk seperti hufur X kareana apabila ada roh jahat mencoba naik menggunakan tangga satunya, maka dia akan keluar menggunakan tangga yang satunya lagi. Hingaa saat ini di Minahasa masih ada pengrajin yang membuat rumah seperti ini.

3. Rumah Adat Pulau Nias Sumatra Utara (Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat Omo Sebua)

Rumah adat ini berasal dari Sumatra Utara, yang tepatnya berada di pulau Nias. Omo Sebua tidak sama dengan rumah adat lainnya, yah di sinilah letak keunikannya, karena rumah ini hanya dibuatkan khusus untuk Kepala Adat Desa. Rumah ini menggunkan kayu besi sebagai tiang, dan mempunyai atap yang tinggi. Desain bentuk rumah adat ini sangatlah khusus, karena rumah ini dibuat agar pada saat terjadi perang suku dapat melindungi semua penghuni rumah yang berada di dalamnya. Keunikan lain dari rumah ini adalah akses masuknya yang hanya mempunya satu jalan, akses tersebut adalah tangga kecil. Tangga ini penuh dengan jebakan. (waaah,, seperti Benteng Takesi dong, penuh jebakan). Tidak cukup sampai disitu, masih ada keunikan lain lagi, desain atap rumah adat ini sangatlah curam dan tingginya bisa mencapai 16 meter. Eh, masih ada lagi keunikan dari rumah adat ini, yaitu rumah ini diketahui tahan akan goncangan gempa bumi. (aman dong ^_^)

4. Rumah Adat Sulawesi Selatan (Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat Toraja; Tongkonan)

Di Sulawesi Selatan ternyata ada juga rumah adat yang unik, tepatnya berada di Toraja. Keunikan rumah adat dari Sulawesi Selatan ini terletak pada atap rumahnya. Desain bentuk Atap rumah adat masyarakat Toraja melengkung menyerupai perahu dan tersusun atas susunan Bambu, pada bagian depan rumah tepat di bawah atap terdapat jejeran tanduk Kerbau, unik bukan ?. Sedangkan pada bagian dalam rumah, diguankan sebagai tempat beristirahat dan sebagai Dapur. Hal yang unik lain dari rumah ini adalah rumah ini dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan Mayat/jenasah. Pada bagian depan rumah terdapat lumbung padi yang terbuat dari pohon Palem. Diantara semua eunikan itu, yang paling unik adalah teradapat ukiran-ukiran unik, seperti gambar ayam pada bagian depan lumbung padi. Bukankah keunikan itu menambah seni pada Arsitektur rumah adat di Indonesia ?!

5. Rumah Adat Kalimantan Timur (Keunikan Desain Bentuk Rumah Adat Lamin)

Rumah Lamin adalah sebutan untuk rumah adat yang berasal dari Kalimantan Timur, rumah ini adalah rumah asli suku Dayak. Kata ‘Rumah Lamin’ berarti rumah panjang kita semua. Wah..dari namanya saja sudah unik bukan?! ^_^ Keunikan dari rumah adat ini karena rumah ini di huni oleh beberapa keluarga yang bergabung menjadi satu keluarga besar, rumah ini memiliki ciri berbentuk rumah panggung dengan ketinggian kolom 3 meter, denahnya berbentuk segi empat memanjang dengan atap Pelana, dan pada bagian tiang rumah, terdiri dari dua bangunan yang bagian pertama menyangga rumah dari bawah sampai ke atap, pada bagian kedua tiang-tiang kecil yang mendukung balok-balok lantai panggung, pada bagian bawah tiang terkadang ada ukiran berbentuk patung, yang bertujuan untuk mengusir roh jahat.

Sekian 5 Rumah Adat Unik Di Indonesia versi saya, Rumah Adat Unik di Indonesia tersebut masing-masing memiliki Keunikan tersendiri. Indonesia memang kaya akan budaya dan arsitektur. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua hususnya yang telah membaca artikel ini. Terimakasih dan Salam Budaya ^_^

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment