Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya – Indonesia adalah surganya Budaya dan Arsitektur Tradisonal, bagaimana tidak ? hampir di seluruh wilayah negara Indonesia, memiliki ciri khas Desain Bentuk Rumah Adatnya masing-masing. Tiap daerah memiliki rumah adatnya sendiri yang tentu saja rumah adat tersebut memiliki desain bentuk dan ciri khas masing-masing yang sama-sama memiliki nilai seni, budaya, maupun arsitektur yang mengagumkan. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki rumah adat yang sangat tradional adalah kabupaten Alor. http://thewritingjungle.blogspot.com/.

Alor merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Di kabupaten Alor, tepatnya di desa Lembur Barat, Alor tengah Utara, masih sangat kental dengan nilai budayanya. Desa tersebut didiami oleh suku Takpala. Suku ini masih memegang erat adat istiadat sejak jaman batu, oleh karena itu disana dapat ditemukan banyak Rumah Adat Orang Alor yang di sebut Lopo. Warga di desa tersebut hingga sekarang memegang teguh tradisi nenek moyang mereka yaitu dengan cara mempertahankan Desain Bentuk Rumah Adat Alor. Desa ini didiami juga oleh suku Abui sebagai suku terbesar di Alor, sekarang hanya tersisa terdapat dua rumah adat sebagai simbol utama yang disebut Kolwat dan Kanuarwat, dua rumah adat ini tidak bisa dimasuki oleh sembarangan orang. Selain itu terdapat juga 13 rumah gudang (lumbung pangan) disana. Desa tersebut kini hanya didiami oleh 13 kepala keluarga, sekitar 40 jiwa.

Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya, NTT
 
Berikut Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya : Desain Bentuk Dasar dari Rumah Adat di Alor ini adalah berbentuk limas. Rumah Adat Alor ini beratap daun kelapa, selalu ditopang oleh empat pilar dalam bingkai pohon Asam dan berdinding anyaman bambu. Sedangkan Rumah Adat Alor yang disebut rumah Gudang memiliki desain bentuk yang agak berbeda, rumah adat Gudang berbentuk persegi, ditopang oleh empat buah tiang. Dari luar, rumah ini terlihat tidak berdinding, bentuknya lebih seperti balai-balai, namun bagian loteng dari rumah Gudang ini cukup besar, biasanya terdapat empat kamar, di loteng inilah yang menjadi tempat beristirahat pemiliki rumah tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya, Rumah Gudang, NTT

Sekian ulasan mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Alor dan Penjelasannya, semoga memberi manfaat bagi yang membacanya. Sampai jumpa, salam budaya!  

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment