Desain Bentuk Rumah Adat Batak Toba dan Penjelasannya



Desain Bentuk Rumah Adat Batak Toba dan Penjelasannya -  Batak Toba merupakan nama salah satu suku yang ada di provinsi Sumatera Utara. Di Sumatera Utara banyak suku Batak, salah satunya adalah suku Batak Toba yang sangat terkenal dengan Rumah Adat Bolonnya. Rumah Adat Bolon dari Suku Batak Toba ini telah ditetapkan sebagai Rumah Adat Provinsi Sumatera Utara, rumah adat Bolon ini mewakili rumah adat lain yang juga terdapat pada setiap suku Batak di Sumatera Utara, Indonesia. http://www.rumahperumahan.com/.


Rumah Adat Batak Toba lebih dikenal dengan sebutan Rumah Adat Bolon. Desain Bentuk Rumah Adat Orang Batak Toba ini berbentuk segi empat panjang. Desainnya memiliki kesamaan dengan rumah adat di provinsi lain, yaitu mengadopsi desain bentuk dari rumah panggung. Rumah adat Suku Batak Toba biasanya dihuni oleh 4 hingga 6 keluarga sehingga ukuran dari Rumah AdatBolon ini cukup besar agar dapat menampung seluruh kegiatan dan menunjang fungsi bangunan yang mewadahi beberapa keluarga untuk hidup bersama dibawah atap yang sama. 


Beberapa Filosofi yang tergandung dalam Desain Bentuk Rumah Adat Batak Toba adalah pada desain pintu, pengaturan ruang dan desain bentuk rumah panggung. Filosofi dari Desain pintu pada Rumah Adat Orang Batak Toba adalah agar pengunjung atau tamu yang memasuki rumah Adat Batak Toba menundukkan kepala sebagai bentuk rasa hormat pada pemilik rumah, atas dasar filosofi itulah maka desain pintu Rumah Adat Bolon ini dibuat rendah sehingga mau tak mau orang yang memasuki rumah tersebut pasti akan menundukkan kepalanya. Selain karena pintu yang rendah, tangga rumah juga memiliki filosofi yang sama. Karena letaknya ditengah badan rumah, maka orang yang hendak menaiki tangga mesti berjalan sambil agak tunduk.

Filosofi yang terkandung dari pengaturan ruang dalam Rumah Adat Batak Toba yang terdiri dari tiga bagian ialah menggambarkan dunia atau dimensi yangberbeda-beda. Adapun pembagian ruang tersebut, bagian Atap yang diyakini sebagai dunia para Dewa, lalu bagian lantai rumah mencerminkan dunia manusia dan yang terahir dalah bagian bawah rumah atau pada bagian kolong yang menggambarkan dunia kematian.

Pada dasarnya Desain Bentuk Rumah AdatBatak Toba yang berbentuk rumah panggung untuk menghindari serangan binatang buas, namun kini bagian bawah atau kolong Rumah Adat Bolon Sumatera Utara difungsikan menjadi tempat untuk memelihara Kambing, Ayam atau Babi.

Sekian informasi mengenai Desain BentukRumah Adat Batak Toba dan Penjelasannya, semoga menambah wawasan pembaca dan menumbuhkan cinta Budaya pada Tanah air Indonesia.


Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment