Desain Bentuk Rumah Adat Bengkulu dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Bengkulu dan Penjelasannya - Bengkulu merupakan nama salah satu kota dan provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Bengkulu ibu kotanya adalah kota Bengkulu. Bengkulu cukup terkenal dengan wisata budaya dan adat istiadatnya. Salah satu budaya yang bisa ditemukan di Bengkulu adalah budaya arsitekturnya berupa Rumah Adat Bubungan Lima. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Bengkulu dan Penjelasannya :

Rumah Adat Bengkulu lebih dikenal dengan Rumah Adat Bubungan Lima. Desain bentuk rumah Adat Orang Bengkulu ini seperti rumah adat pada umumnya yang berbentuk rumah panggung, rumah ini ditopang oleh beberapa tiang penopang yang terbuat dari kayu. Namun fungsi dari rumah adat Bengkulu ini bukanlah sebagai tempat tinggal melainkan sebagai tempat untuk menyeleggarakan acara-acara dan upacara-upacara adat yang diadakan oleh masyarakat Bengkulu. Rumah adat Bengkulu didesain menjadi tiga bagian, yaitu rumah bagian atas, rumah bagian tengah dan rumah bagian bawah. Seperti alasan desain bentuk Rumah adat Panggung lainnya, Rumah Adat Suku Bengkulu juga didesain lebih tinggi dari tanah adalah untuk menghindari serangan binatang buas. Desain bentuk rumah adat Bengkulu yang lebih tinggi ini adalah demi keamanan para penghuninya. Rumah adat Bengkulu dibedakan berdasarkan bentuk desain atapnya, yaitu Rumah Bubungan Lima, Rumah Bubungan Limas, Rumah Bubungan Haji, rumah Bubungan Jembatan.


Berikut ini beberapa point dalam Desain Bentuk Rumah Adat Bengkulu dan Penjelasannya, terutama pada desain penataan ruang atau interior. Adapun penataan ruang dalam rumah adat Bengkulu dan penjelasannya adalah :


Berendo, Berendo merupakan sebutan untuk ruangan semacam ruang tamu. Berendo ini berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu yang belum dikenal, atau tamu yang hanya singgah sebentar saja untuk menyampaikan suatu pesan. Berendo juga difungsikan sebagai tempat bersantai pada pagi dan sore hari. Fungsi lain dari ruang Berendo ini juga adalah sebagai tempat bermain anak-anak,seperti bermain congkak, karet, dll.

Hall, merupakan ruangan yang difungsikan untuk menerima tamu, sama dengan ruang Berendo namun bedanya adalah siapa tamunya. Jika Berendo untuk menerima tamu yang tidak dikenal, dan Hall adalah untuk menerima tamu yang yang telah dikenal, keluarga dekat ataupun para kerabat.

Bilik Gedang, merupakan kamar tidur untuk suami istri dan anak-anaknya.
Bilik Gadis, merupakan kamar untuk anak perempuan.

Ruang Tengah, merupakan ruangan untuk menerima keluarga dekat, atau teman anak gadis, biasanya juga sebagai tempat mengaji dan malam harinya sebagai tempat tidur anak bujang.

Ruang makan, tentu saja sebagai tempat makan bersama seluarga.
Dapur, sebagai tempat untuk memasak.

Garang, adalah tempat menyimpan gentong air.
Terahir adalah Ruang Berendo Belakang. Ruangan ini berbeda dengan Berendo, Berendo belakang sifatnya lebih privat, fungsinya adalah sebagai tempat bersantai para kaum wanita.

Sekian sedikit tulisan mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Bengkulu dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat dan bisa menumbuhkan rasa cinta budaya. Salam budaya!

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment