Desain Bentuk Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya - Betawi merupakan nama sebuah suku di Indonesia yang umumnya tinggal di Jakarta. Dalam kalangan suku Betawi terkenal dengan empat jenis rumah adat yang merupakan bentuk dasar dari arsitektur rumah tinggal orang-orang suku Betawi ini. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya :

Rumah Adat masyarakat Betawi ada 4 ragam bentuk arsitektur tradisional, yaitu:
Rumah Adat Betawi tipe Gudang
Rumah Adat Betawi tipe Bapang / tipe kebaya
Rumah Adat Betawi tipe Joglo Rumah Adat Betawi tipe Panggung

Penjelasan masing-masing Bentuk Rumah Adat Betawi :

Desain Bentuk Rumah Adat Betawi Tipe Gudang

Desain Bentuk Rumah Adat Betawi Tipe Gudang dan PenjelasannyaRumah adat Betawi tipe Gudang ini merupakan rumah adat Betawi yang desain bentuknya masih sangat asli tanpa ada pengaruh dari budaya-budaya lain yang ada di Indonesia. Rumah Adat Betawi gudang sudah ada sejak awal masuknya etnis budaya Betawi di Negeri ini. Dewasa ini Rumah Adat Betawi tipe Gudang dapat ditemukan di daerah pedalaman. Ciri khas dari Desain bentuk Rumah Adat Betawi Tipe Gudang ini ialah pada bentuknya yang selalu menyesuaikan terhadap alam di sekitarnya.

Pada umumnya Desain Bentuk Rumah Adat Betawi tipe Gudang memiliki bentuk denah seperti segi empat, memanjang ke belakang. Desain atapnya ialah berbentuk pelana. Untuk membentuk atap pelana, Rumah Adat Betawi tipe Gudang ini menggunakan struktur dari kerangka kuda-kuda yang tersusun rapi. Selain atap pelana, Rumah adat Betwai tipe Gudang memiliki atap perisai juga, atap perisai ini ditambahkan pada pinggiran rumah, yang biasa disebut Jure. Ada pula bagian atap dari rumah adat betawi ini yang disebut topi atau dak atau markis, bagian atap ini dipasang miring guna untuk menahan tampiasan dari air hujan, bagian atap ini biasanya ditambahkan pada bagian depan rumah yang merupakan ruangan terbuka. Struktur dan pengikat untuk atap Dak ini disebut Sekor. Dalam istilah arsitektur, atap miring menahan tampiasan air hujan ini biasa pula disebut sunscreen atau penahan matahari berlebih.

Sekian informasi mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Betawi dan Penjelasannya, semoga menambah wawasan pembaca dan menumbuhkan rasa cinta Budaya pada Tanah air Indonesia. Untuk kesempatan ini cukup satu tipe dari rumah adat betawi, dilain kesempatan akan dibahas tipe yang lainnya lagi. Salam Budaya!!

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment