Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya - Eskimo merupakan nama sebuah suku yang bertempat tinggal di lingkar atas kutup Utara. Suku Eskimo, memiliki desain bentuk rumah adat yang sangat unik, karena desain bentuk rumah adat Eskimo tersebut terbentuk atas hasil olah tapak dan kondisi daerah tempat tinggalnya tersebut. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo disesuaikan dengan kondisi alam di kutup Utara. Rumah Adat Eskimo didesain sedemikian rupa sehingga mampu melindungi penghuninya dari serangan binatang buas maupun serangan cuaca yang sangat ekstrim.

Berikut Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya : Rumah Adat Eskimo, lebih dikenal dengan nama rumah Iglo. Rumah Iglo memiliki desain bentuk yang sederhana, unik dan sangat minimalis. Dalam Desain Rumah Adat Eskimo atau Rumah Iglo ini lebih ditekankan pada fungsi daripada estetika, sehingga paham yang diterapkan pada Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo ini ialah paham “fasad mengikuti fungsi”

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo pada umumnya ada tiga tipe, yaitu Rumah adat Igloo tipe kecil, Rumah Adat Iglo tipe semipermanen, dan rumah adat Iglo tipe besar. Rumah adat Eskimo yang disebut Iglo tipe kecil berfungsi sebagai tempat berlindung sementara (satu atau dua malam saja). Rumah Adat Eskimo tipe kecil ini biasanya sengaja dibangun oleh pemburu sewaktu berburu di padang atau lautan es.
Rumah adat Eskimo tipe semi permanen atau Igloo semipermanen, rumah Iglo tipe ini memiliki ukuran sedang, Rumah Adat Eskimo ini sengaja dibangun sebagai tempat tinggal keluarga. Desain bentuk Rumah adat Eskimo tipe semipermanen ini hanya didesain memiliki 1 ruangan saja. Ruangan tersebut bisa ditinggali oleh 2 keluarga bersama-sama.
Rumah adat Eskimo yang berukuran lebih besar lagi disebut Rumah Igloo Tipe besar. Rumah adat Eskimo ini didesain dan dibangun untuk kesempatan khusus. Iglo tipe besar ini merupakan redesain dari bentuk Rumah adat Eskimo semipermanen. Rumah Iglo semipermanen tersebut dirombak dan didesain kembali dengan ukuran yang lebih besar, namun tidak jarang juga suku Eskimo membangunnya dari awal, yaitu bangunan baru, bukan hasil redesain rumah Iglo semipermanen. Rumah Adat Eskimo tipe besar ini memiliki desain yang agak berbeda dari dua tipe lainnya.

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo tipe ini khusus didesain memiliki 5 ruangan sehingga dapat menampung sampai 20 orang. Kadang kala, Rumah adat Eskimo tipe besar ini juga didesain dari gabungan rumah Igloo berukuran kecil yang dihubungkan menggunakan terowongan. Desainnya sengaja dibuat hanya memiliki satu pintu masuk dan keluar. Rumah Iglo tipe besar ini selain sebagai tempat tinggal, juga difungsikan sebagai tempat pesta, berdansa, dan acara-acara lainnya.

Desain Bentuk Rumah adat Eskimo dan Penjelasannya dapat diperhatikan pada gambar berikut :

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya, Rumah Iglo
Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo ialah bentuk lingkaran (Dome),dinding rumah adat eskimo ini terbuat dari balok-balok es yang kuat.

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya, tampak samping Rumah Iglo
Tampak samping Rumah adat Eskimo

Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo ini memiliki pintu masuk berbentuk silinder dan lebih rendah dari ketinggian tanah diluar pintu, dengan tujuan dapat menghalangi udara dingin dari luar masuk secara langsung dalam ruangan.  ruang tidur, didesain lebih tinggi dari pada ruang keluarga, dengan tujuan mendapatkan udara hangat yang berkumpul pada bagian atas ruangan, karena berat jenis udara dingin lebih berat dari berat jenis udara panas, sehingga udara dingin tetap berkumpul pada ruang keluarga yang lebih rendah, dan ruang tidur bisa tetap hangat.

Sekian informasi mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Eskimo dan Penjelasannya, semoga menambah wawasan pembaca dan menumbuhkan cinta Budaya pada Tanah air Indonesia. Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment