Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya – Arsitektur Tradisional Nusantara merupakan warisan budaya yang sangat penting. Dalam dunia arsitektur, arsitektur Nusantara merupakan arsitektur yang paling banyak ragamnya, baik dari desain bentuk, nilai historis dan nilai filosofinya. Tidak heran, Negara Indonesia mendapat gelar Negara yang kaya akan budaya Arsitekturnya tradisionalnya. http://www.rumahperumahan.com/

Di Jawa Barat, terdapat sebuah perkampungan adat yang bernama kampung Cikondang. Di kampung Cikondang, terdapat pemukiman-pemukiman warga dengan desain bentuk rumah yang masih sangat tradisional. Berikut Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya dari sudut pandang Arsitektur Tradisional Nusantara :

Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Arsitektur Tradisional

Ciri khas dari Rumah Adat Nusantara adalah material yang digunakan merupakan material yang mudah didapatkan dari sekitar tempat tinggal. Material yang sering dijumpai pada rumah adat suku Sunda ini adalah Bambu yang digunakan sebagai dinding, lantai, bahkan atap. Material kayu sebagai tiang dan struktur. Selanjutnya adalah material anyaman Rotan yang dignakan sebagai dinding bilik. Ada pula Ijuk, dan anyaman Alang-alang yang digunakan sebagai penutup atap.


Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Budaya Nusantara


Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Arsitektur Nusantara


Desain interior atau Tata Ruang dalam Rumah Adat Orang kampung Cikondang ini sangat sederhana, dari keseluruhan rumah, hanya terdapat tiga ruangan. Yaitu Kamar mandi, Ruang penyimpanan beras (Goah), dan ruang tamu yang memiliki multi fungsi, yaitu sebagai ruang penerimaan tamu, ruang menyelengggarakan acara adat atau keagamaan, sebagai ruang untuk beribadah (sholat), Rang tamu ini juga merangkap dapur dan ruang makan, karna di sudutnya terdapat tungku dan peralatan memasak yang masih sangat tradisional (masyarakat kampung Cikondang pantang menggunakan peralatan modern).

Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Arsitektur & Budaya

Keunikan lain dari Rumah Adat Suku di Jawa Barat ini ialah dinding-dinding rumah pada Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dibuat dari bamboo yang tidak terlalu rapat, dengann tujuan untuk mendapatkan cahaya dan penghawaan alami, terutama pada dinding dapur.

Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Arsitektur Indonesia
Dinding tidak rapat bertujuan untuk penghawaan dan pencahayaan alami
Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, Arsitektur Tradisional Nusantara

Warisan - warisan buadaya dan arsitektur dari para leluhur sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan oleh para generasi penerus, karena budaya arsitektur yang berupa bangunan rumah adat ini mengandung nilai-nilai historis yang bila diteliti dan dipelajari, bisa mengungkap cerita masa lalu dari kehidupan orang-orang terdahulu. sekian ulasan mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Cikondang dan Penjelasannya, semoga bermanfaat. Salam Lestari Budaya!

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment