Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya – Di seluruh daerah di Indonesia pasti mempunyai rumah adatnya masing-masing tidak terkecuali di Makassar. Di kota Makassar rumah adatnya disebut Balla Lompoa, rumah adat khas ini adalah rumah adat yang menjadi sejarah tempat bermukimnya Raja Makassar yaitu Sultan Hasanuddin. Saat ini Rumah Adat Makassar terletak di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya :

Sama halnya dengan desain bentuk rumah adat di Indonesia lainnya, rumah adat ini juga menggunakan kayu sebagai bahan utama untuk pembuatan rumahnya. Mengingat fungsi dari Rumah Adat Makassar Balla Lompoa adalah sebagai tempat tinggal Raja, maka rumah ini didesain dalam ukuran yang besar dan luas. Rumah Adat Makassar Balla Lompoa memiliki jumlah tiang 40 hingga 48 tiang.

Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya, Balla Lompoa

Ciri khas dari Rumah Adat Makassar :

Rumah Adat orang Makassar ini memiliki ciri khas khusus yang tidak dimiliki oleh Rumah adat suku lain di Indonesia, adapun ciri khas tersebut ialah corak dan ornamen yang unik pada bagian rumah. Corak dan ornament ini terdiri atas tiga macam, yaitu, ornament corak alam, ornament corak flora, dan ornament corak fauna. Selain itu salah satu filosofi yang menonjol dari rumah adat daerah Makassar ini ialah terletak pada bumbungan rumahnya. Pada Rumah Adat suku Makassar ini memiliki bumbungan dengan filosofi sebagai penanda status sosial dari sang pemilik rumah tersebut. Balla Lompoa sendiri memiliki jumlah bumbungan 3 sampi 5 tingkatan, sedangkan untuk tangga rumah adat Balla Lompoa memiliki ukuran tinggi 2 meter dari permukaan tanah.


Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya, Balla Lompoa

Desain Interior Rumah Adat Suku Makassar Balla Lompoa :

Desain interior atau pengaturan ruang dalam dari rumah adat asal Makassar ini terbagi atas 3 bagian. Pada bagian yang pertama disebut Pemmakang yaitu ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan pusaka, penyimpanan padi, serta penyimpanan persediaan makanan lainnya.Ppada bagian yang kedua disebut Balla terdiri dari ruang - ruang khusus, ruang tamu, ruang makan, serta ruang tidur. Dan pada bagian terkahir yaitu Passiringan tempat ini diguanakan untuk memelihara ternak dan sebagai tempat penyimpanan alat-alat pertanian.

Desain Bentuk Rumah Adat Makassar dan Penjelasannya, Balla Lompoa

Balla Lompoa sekarang dijadikan sebagai museum untuk mengenal lebih dekat lagi mengenai kerajaan Makassar. Balla Lompoa juga dijadikan sebagai tempat upacara adat yang sering di lakukan oleh para Pemangku adat di Makassar. Kini adanya Rumah Adat Balla Lompoa diharapkan mampu melestarikan budaya dan adat Makassar. Balla Lompoa sangatlah penting untuk dijaga dan dilestarikan karena dengan adanya rumah ini kita mengetahui bahwa pernah adaya kerajaan yang besar di Sulawesi selatan.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment