Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya – Sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan warisan budaya dan arsitekturnya, terutama warisan bangunan-bangunan rumah adat yang merupakan warisan arsitektur tradisional dari para leluhur, namun ternyata di Dunia ini bukan hanya Indonesia yang memiliki rumah adat dengan gaya arsitektur tradisional, Negara-negara lain pun juga memiliki warisan arsitektur meski tidak sebanyak dan seberagam yang ada di Indonesia. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah adat di dunia selain Indonesia salah satunya adalah di Negara China. Rumah Adat China memang sangat menarik untuk diamati lebih jauh mengingat keindahan dan keunikan dari tiap desainnya yang dibuat dengan sangat teliti dan penuh seni. Rumah Adat Negara China dengan khas arsitektur Cina telah ada sejak empat ribu tahun lalu, arsitektur China ini telah banyak mempengaruhi gaya arsitektur di Negara-negara lain, seperti, Korea, Vietnam, dan Jepang. Nah, pada kesempatan ini mari kita sama-sama mempelajari desainbentuk rumah adat China dan Penjelasannya dari berbagai sumber.

Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya, Rumah Adat di dunia

Rumah adat China dibangun dengan konsep arsitektur China dimana arsitektur China tersebut selalu memiliki ciri khas pada desain artikulasi dan simetri bilateral-nya, artinya, selalu menekankan pada keseimbangan. Ciri simetri bilateral dan artikulasi yang dimaksud biasa terdapat pada bangunan rumah-rumah pertanian yang sederhana dan kompleks istana.

Struktur yang terdapat pada rumah adat China terdiri dari Pondasi yang berupa pondari Umpak, struktur badan berupa kayu sebagai tiang, dan struktur atap. Desain bentuk atap rumah adat China memiliki sudut kemiringan yang curam, pada puncak atap biasanya dihiasi dengan patung-patung keramik, selain sebagai estetika juga sebagai pen-stabilitas atap. Struktur pada rumah adat ini biasanya diekspos karna dianggap sebagai bagian dari dekoratif bangunan. Sambungan structural pada struktur rumah adat Negara China ini didesain dengan sifat fleksibel sehingga dapat menyerap guncangan ketika gempa terjadi.

Beberapa Tipologi rumah adat China yang tersebar di berbagai wilayah Negara Cina :
Desain Bentuk Rumah Adat China dan Penjelasannya, Rumah Adat di Duniaa.       Rumah Adat Vernakular Cina, rumah adat dengan konsep arsitektur Vernakular ini berada di Cina bagian Selatan.
b.      Rumah Gua
Ciri khas desain bentuk Rumah adat China tipe ini memiliki desain pintu masuk yang berbentuk vault, memiliki courtyard dan pada satu rumah biasanya dibagi menjadi dua atau tiga ruang.
c.       Hakka Region
Rumah adat hakka Region Cina terdapat di wilayah Cina bagian barat dan barat daya. Ciri dari desain bentuk rumah adat orang China ini adalah berukuran besar, bentuknya selalu persegi atau lingkaran, material penyusun rumah adalah batu bata (brick), dan memiliki enclose structure (weizi).

Itu dia sedikit pengetahuan mengenai Desain bentuk rumah adat China dan penjelasannya yang dapat mimin sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment