Desain Bentuk Rumah Adat Cilacap dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Cilacap dan Penjelasannya – Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Cilacap terkenal dengan Nusa Kambangan-nya,yaitu suatu pulau tertutup tempat Lembaga Pemasyarakatan (LP) alias penjara dengan status kelas I sehingga daerah Cilacap sering dikatakan sebagai ‘Al-Catraz-nya’ Indonesia. http://www.rumahperumahan.com/

Sebagai daerah tempat Lembaga Pemasyarakatan, Cilacap terdengar agak sangar dan berbahaya, namun pada kenyataannya, Cilacap merupakan daerah yang menawan karena keindahannya, baik keindahan alam maupun keindahan budayanya. Di Cilacap, dahulu terdapat banyak perkampungan adat, yaitu perumahan warga yang masih menggunakan rumah adat dengan desain tradisional khas rumah adat Indonesia. Namun, karena semakin majunya teknologi saat ini membawa dampak tersingkirnya kebudayaan di daerah Cilacap ini, termasuk mulai tersisihnya Rumah adat Cilacap, tapi untunglah saat ini masih ada beberapa perumahan yang masih mempertahankan dan melestarikan perumahan adat-nya, yaitu di daerah Cilacap bagian timur sperti di Adipala, Kyoko, dll. Desain bentuk Rumah adat orang Cilacap tidak jauh berbeda dengan rumah adat di daerah lainnya, tapi tetap saja rumah adat suku di Jawa Tengah ini memeiliki ciri khas-nya sendiri, oleh karena itu berikut ulasan mengenai Desain Bentuk rumah adat Cilacap dan penjelasannya untuk menguak keunikan atau ciri khas dari rumah adat orang Cilacap tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Cilacap dan Penjelasannya, Rumah Adat Jawa Tengah

Desain Bentuk Rumah Adat Cilacap dan Penjelasannya :

Rumah adat warga Cilacap bernama rumah adat Bandung Tikelan, nama ini berasa dari kata Bandungan dan Tikelan, Bandungan berarti dua bangunan rumah yang digabung sehingga menjadi suatu rumah yang besar. Sedangkan kata Tikelan berarti biaya yang besar. Desain Rumah adat suku di Cilacap mirip seperti desain bentuk rumah adat Joglo, karena sama-sama merupakan rumah adat daerah Jawa, jadi tedapat kemiripan pada desain bentuk dan filosofi yang terkandung pada desain bentuk rumah adat asal Jawa tersebut. Rumah Adat Cilacap dikenal juga dengan nama rumah adat Bandung Tikelan beratap daun Nipah. Desain bentuk rumah adat orang Cilacap ialah terdiri dari 4 soko guru dan empat belah sisi dengan bubungan di tengahnya.

Desain Bentuk Rumah Adat Cilacap dan Penjelasannya, Rumah Adat Jawa Tengah

Informasi mengenai desain bentuk rumah adat Cilacap dan penjelasannya di atas semoga bermanfaat, dan menumbuhkan rasa sadar diri untuk melestarikan budaya di di Indonesia khususnya Rumah Adat di Cilacap.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment