Desain Bentuk Rumah Adat Ciptagelar dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Ciptagelar dan Penjelasannya – Ciptagelar adalah nama sebuah kampung adat yang secara administrative masih termasuk dalam wilayah kampung Sukamulya Desa Srnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kampung Ciptagelar memiliki nama lengkap kampung Gede Kesepuhan Ciptagelar. http://www.rumahperumahan.com/

Kampung Ciptagelar merupakan salah satu kampung adat yang ada di Indonesia yang sarat akan keunikan sehingga sangat menarik untuk dikunjungi dan dipelajari, terutama tentang arsitektur tradisionalnya. Hingga saat ini, kampung adat Ciptagelar masih terawat dan masih tejaga ke-orisinilan-nya. Kampung yang dipenuhi oleh deretan rumah adat tradisional khas Ciptagelar ini btelah banyak menarik pengunjung-pengunjung yang tertarik akan hal budaya, adat istiadat, dan arsitektur tradisional, karena di kampung adat Ciptagelar ini, masih memegang teguh seluruh adat istiadat, budaya, dan desain bentuk rumah adat-nya seperti yang diwariskan oleh orang-orang kampung Ciptagelar terdahulu.

Desain Bentuk Rumah Adat Ciptagelar dan Penjelasannya, Kampung Adat Indonesia

Di kampung Ciptagelar desain bentuk rumah tinggalnya hampir semuanya sama persis, karena memang seluruh rumah di kampung tersebut didesain berdasarkan konsep rumah adat orang Ciptagelar secara turun temurun. Perkampungan Ciptagelar terdiri dari rumah adat - rumah adat yang didesain dengan pola arsitektur Sunda.

Desain bentuk rumah adat Ciptagelar dan penjelasannya :

1. Desain Bentuk Rumah Adat Ciptagelar ialah berbentuk rumah panggung dengan ketinggian dari permukaan tanah sekitar 60 centi meter, bagian kolong rumah biasanya ditutupi dengan papan. Bentuk rumah adat di Cipatagelar ialah persegi panjang.

Desain Bentuk Rumah Adat Ciptagelar dan Penjelasannya, kampung Adat Indonesia

2. Material penyusun rumah adat Ciptagelar
Rumah adat di kampung kesepuhan Cipatagelar terbuat dari material –material yang terdapat disekitar pemukiman, kebanyakan material bangunan tersebut dapat diambil dari alam. Bagian dinding rumah adat di Ciptagelar terbuat dari anyaman Bambu, strukturnya menggunakan kayu, sedang atapnya menggunakan Ijuk, Rumbia, atau daun Tepus. Atap Genteng adalah suatu hal yang sangat tabu bagi orang Ciptagelar, karena semboyan dari kampung adat ini berbunyi “jika belum mati, kenapa harus beratapkan tanah”

3. Tata ruang / pembagian ruang dalam rumah adat Ciptegelar
Pola dan pembagian ruang dalam rumah adat orang Ciptagelar secara garis besar ada tiga bagian, yaitu ruang depan (Tepas), ruang tengah, dan ruang belakang. Ruang depan berfungsi sebagai ruang tamu, ruang tengah terbagi dua, bagian kiri merupakan ruang netral (artinya boleh digunakan oleh seluruh anggota keluarga, sedangkan bagian kanan merupakan ruang tidur dan sering dikategorikan sebagai ruang wanita, walaupun suami juga menggunakan ruang tersebut. Ruang belakang merupakan Dapur. Ruangan ini mutlak ruang wanita, laki-laki dilarang masuk dalam ruangan ini, kalaupun terpaksa harus masuk, maka mereka tidak boleh berusaha atau bersuara dalam ruang tersebut. Selain itu terdapat juga teras di bagian depan maupun belakang rumah.

sekian pembahasan mengenai desain bentuk rumah adat Ciptagelar dan penjelasannya, terima kasih sudah membaca, salam budaya, salam lestari.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment