Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya – Rumah Adat Cirebon adalah Keraton Kesepuhan, yang dimaksud Keraton kesepuhan yaitu nama rumah adat yang berasal dari Cirebon. Rumah adat Keraton Kesepuhan dirawat dan dibersihkan dengan sangat teliti sehingga di Cirebon, rumah adat ini merupakan rumah paling bersih. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya :

Rumah adat Cirebon ini didesain dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan, hal ini dapat dilihat dari tiap sudutnya yang mempunyai makna arsitektur yang mendalam dan mengandung nilai sejarah yang luar biasa. Pada keraton Kesepuhan terdapat Pendopo dan di kelilingi dengan tembok bata merah, pada bagian barat Rumah Adat orang Cirebon yang merupakan Keraton Kesepuhan ini terdapat masjid yang megah yang merupakan hasil karya para wali di jaman itu. Nama dari masjid ini adalah Masjid Sang Agung Cipta Rasa.

Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya, Keraton Cirebon Jawa Barat

Terdapat dua pintu gerbang tempat keluar masuknya orang pada rumah adat di Cirebon yang merupakan Keraton ini, yaitu, pintu gerbang utama yang terletak di sebelah utara dan pintu gerbang yang kedua terletak di bagian selatan kompleks perumahan adat Keraton Cirebon. Di Rumah Adat keraton Kesepuhan Cirebon terdapat 3 bagian area halaman :

Pada area halaman pertama rumah adat merupakan kompleks Siti Inggil. Kompleks ini terdiri dari lima macan bangunan :

Bangunan pertama, Mande Pandawa Lima : ini adalah tempat duduk bagi para pengawal raja
Bangunan Kedua, Mande Malang Semirang : sebagai tempat raja duduk untuk menyaksikan acara di alun-alun.
Bangunan ketiga, Mande Semar Timandu : sebagai tempat penasihan atau penghulu raja
Bangunan keempat, Mande Kresmen : tempat untuk menampilkan kesenian bagi raja
Bangunan Kelima, Mande Pengiring : bangunan untuk pengiring Raja

Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya, Keraton Cirebon Jawa Barat

Semantara pada halaman kedua adalah Pangada : ini adalah halaman untuk memakirkan kendaraan atau menambatkan kuda, dijaman dulu terdapat pula sumur untuk tempat minum kuda. Dan pada halaman terakhir terdapat beberapa macam bangunan antara lain :
Taman Bunderan Dewandaru, Museum Benda Kuno, Museum Kereta, Tunggu Manunggal, Lunjuk, Sri Manganti, Bangunan Induk Keraton, Kucung dan Kutagara Wadasan, Jinem Pangrawit, Gajah Nguling, Bangsal Pringgandani, Bangsal Prabayasa, Bangsal Agung Panembahan, Pungkuran, Bangunan Dapur Maulud, dan Pamburatan. Kraton Kesepuhan sampai saat ini bertahan dan terawatt dengan baik hingga saaat ini, Keraton Sesepuh juga menawarkan berbagai sejarah yang dapat kita pelajari untuk menambah wawasan kita tentang Keraton Kesepuhan yang terdapat di Cirebon, Jawa Barat.

Desain Bentuk Rumah Adat Cirebon dan Penjelasannya, Keraton Cirebon, Jawa Barat

Itu dia ulasan mengenai desain bentuk rumah adat Cirebon dan penjelasannya, semoga bermanfaat dan bisa memperluas wawasan penulis juga pembaca sekalian. Ahir kata, terima kasih telah mampir di artikel desain bentuk rumah adat Cirebon dan penjelasannya ini, salam pintar, dan sampai jumpa.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment