Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya – kabupaten Empat Lawang adalah salah satu kabupaten di Sumatera Selatan. Seperti kita ketahui bersama, Sumatera Selatan memang mewarisi begitu banyak budaya dari pendahulunya, dan salah satu warisan budaya yang cukup menarik wisatawan budaya ialah rumah adat-nya. Rumah adat yang ada di kabupaten Empat Lawang merupakan tempat wisata budaya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. http://www.rumahperumahan.com/

Setiap bangunan arsitektur tradisional, tentu memiliki sejarah dan filosofi yang terkandung dalam setiap desainnya. Oleh karena itu bagi para meminat arsitektur tradisional telah banyak yang mengkaji dan mempelajari bagaimana Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya.

Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya, Sumatera Selatan

Berikut sedikit hasil pembelajaran dari para master (peneliti) yang dapat diketahui dari Desain bentuk rumaha adat Empat Lawang dan penjelasannya :

Dari sudut pandang arsitektur, rumah adat asal Empat Lawang didesain dengan konsep rumah panggung (seperti konsep kebanyakan rumah adat di Indonesia) ialah untuk menghindari serangan binatang buas, mengantisipasi banjir dan guncangan akibat gempa. Para kakek nenek moyang jaman dahulu telah minciptakan konsep rumah panggung yang sangat cocok untuk dibangun di Indonesia karena telah memperhitungkan keadaan geografis, cuaca dan iklim dan keadaan alam pada masa itu, sehingga rumah adat tersebut dapat dihuni dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan para penghuninya.

Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya, Sumatera Selatan

Desain Rumah adat orang Empat Lawang yang asli dibuat dengan ukuran yang besar, yaitu luasnya mencapai 400 hingga 1.000 meter persegi. Rumah adat di kabupaten Empat Lawang terbuat dari material yang mudah didapatkan pada saat itu. Struktur rumah adat di Empat Lawang menggunakan kayu Unglen sebagai tiang-tiang penyangganya, kayu ini dipilih karena kuat dan tahan terhadap air. Sedangkan untuk didnding, lantai dan pintu, terbuat dari kayu Cempaka atau kayu Meranti.

Desain Bentuk Rumah Adat Empat Lawang dan Penjelasannya, Sumatera Selatan

Pada dasarnya Desain Bentuk rumah adat Empat Lawang memiliki beberapa bentuk, bentuk-bentuk dari rumah adat di provinsi Sumatera Selatan ini menandakan siapa pemiliki rumah tersebut, bentuk dari rumah adat-nya dapat menjelaskan status soisial dan kedudukan ekonomi masyarakat di Empat Lawang tersebut.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment