Desain Bentuk Rumah Adat Jepang dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Jepang dan Penjelasannya – di Negara Jepang terdapat dua macam desain rumah adat yang berbeda. Yaitu rumah adat rakyat di bagian Jepang Utara dan rumah adat Jepang bagian Selatan. Rumah Adat di Jepang disebut Minka. Minka dapat diartikan sebagai rumah rakyat. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah adat minka Jepang memiliki desain arsitektur tradisional, dimana desain bentuk serta material yang digunakan memiliki keharmonisan yang bisa didapatkan dengan mudah disekitar tempat membangun rumah adat orang Jepang ini atau bisa pula didapatkan di dalam hutan.

Mari mengenal lebih jauh mengenai arsitektur Negeri Sakura ini melalui tulisan berikut : Desain Bentuk rumah adat Jepang dan penjelasannya.

Rumah Adat Jepang ada dua Tipe, yaitu rumah adat Minka selatan dan rumah adat Minka utara. Berikut pembahasan mengenai desain bentuk rumah adat Jepang dan penjelasannya masing-masing :

a. Desain Bentuk Rumah adat jepang utara dan penjelasannya :

Di Jepang bagian Utara rumah adat minka-nya didesain berdasarkan iklim, cuaca, keadaan gegrafis setempat dan industri. Itulah mengapa pada Rumah adat jepang Utara memiliki desain bentuk dengan bubungan yang tinggi dan terjal serta jendela kecil. Rumah adat Minka orang Jepang utara memiliki bentuk atap yang terjal dan tinggi ialah untuk menyesuaikan diri dengan udara cuaca yang bersalju dan musim dingin yang panjang. Jendela kecil yang hanya terdapat pada bubungan bertujuan agar angin dingin tidak masuk dalam rumah terlalu banyak, sehingga rumah tetap hangat.

Rumah adat Jepang utara sama halnya dengan rumah adat di dunia lainnya, mereka terbangun dari material-material berasal dari alam, seperti tanah, batu, alang-alang dan jerami. Jerami digunakan sebagai penutup atap agar rumah tetap hangat dan agar dapat disesuaikan dengan suasana untuk bisa memelihara ulat sutra.

Desain Bentuk Rumah Adat Jepang dan Penjelasannya, Rumah Minka Jepang Utara

b. Desain Bentuk Rumah Adat Jepang Selatan dan Penjelasannya :

Di Jepang bagian selatan, desain rumahnya sangat berbeda dengan rumah adat di Jepang utara. Rumah minka yang ada di Jepang selatan umumnya berbentuk rumah panggung. Namun rumah panggung yang dimaksud tidaklah seperti rumah panggung yang ada di Indonesia. Rumah panggung ala Jepang tidaklah terlalu tinggi dari tanah, hanya beberapa senti dari permukaan tanah, desain rumah adat orang Jepang ini ialah untuk menghadapi guncangan gempa yang sering terjadi di Jepang, selain itu rumah panggung juga bertujuan untuk mendapatkan penghawaan dan pencahayaan alami semaksimal mungkin.

Desain Bentuk Rumah Adat Jepang dan Penjelasannya, Rumah Minka Jepang Selatan

Itu dia berbedaan dari Desain Bentuk Rumah adat jepang dan penjelasannya masing – masing baik rumah adat jepang utara maupun rumah adat jepang selatan. Semoga bermanfaat.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment