Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya – Rumah Adat ialah rumah yang dibangun dengan konsep arsitektur tradisional yang didalamnya terkandung filosofi-filosofi yang berhubungan dengan budaya, adat istiadat, kepercayaan, dan kearifan lokal dari tempat dibangunnya rumah tersebut. http://www.rumahperumahan.com/

Negara kita Indonesia, adalah salah satu yang memiliki beragam jenis dari desain bentuk rumah adat, karena Negara Indonesia yang berpulau-pulau yang mempengaruhi iklim, budaya, dan kearifan lokal tiap pulau sehingga mencintapkan beraneka ragam desain bentuk rumah adat di Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak macam rumah adat tradisional, jadi sesuatu yang menarik jika menelitinya satu per satu, setelah menuliskan tentang rumah adat Makassar, kini tiba saatnya kita bertolak ke pulau wisata Indonesia untuk mempelajari rumah adat Lombok yang didiami oleh suku Sasaknya.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat Suku Sasak

Come with me!! Ayo kita cari tau mengenai Desain Bentuk rumah adat Lombok dan penjelasannya.

Setelah belajar sana sini, bertanya sana sini, dan baca sana sini, ahirnya saya dapat berbagi beberapa hal menarik mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya :

Rumah Adat Lombok menggunakan kotoran Sapi 

Menurut salah satu warga Sasak di dusun Sade yang merupakan kampung adat di pulau Lombok, Rumah adat orang Lombok terbuat dari kotoran Sapi. Kotoran Sapi disini digunakan sebagai pengganti semen saat membuat dinding, lantai maupun tangga. Material yang digunakan dalam membuat rumah adat suku Sasak ini memang cukup menarik untuk dikaji, khusus pada Lantainya, rumah adat di Lombok ini tidak menggunakan campuran pasair, semen, dan air seperti bangunan pada umumnya, melainkan menggunakan campuran Arang sekam Padi, tanah Liat, dan kotoran Sapi. Lantai rumah adat Lombok terlihat kinclong meski hanya menggunakan bahan alami, hal ini disebabkan karena setiap hati lantai tersebut dibersihkan menggunakan kotoran Sapi yang masih segar. Manfaat penggunaan kotoran Sapi ini selain sebagai perekat (pengganti semen), membersih lantai, nyamuk enggan mendekat, dan juga pada malam hari akan mengeluarkan hawa panas sehingga menghangatkan saat dingin malam.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat Suku Sasak

Rumah Adat Lombok terbagi beberapa jenis yang berbeda berdasarkan fungsinya 

Rumah Adat Lombok atau disebut Bale, ada beberapa bentuknya, desain bentuknya berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing, yaitu :

1. Bale Tani, yaitu rumah adat masyarakat Lombok yang berprofesi sebagai Petani.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat suku Sasak
Rumah Adat Lombok, Bale Tani

2. Bale Jajar, yaitu rumah adat Lombok yang ditinggali oleh Masyarakat yang berekonomi menengah ke atas.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat suku Sasak
Rumah Adat Lombok, Bale Jajar
3. Bale Lumbung, yaitu rumah adat yang fungsinya sebagai tempat menyimpan hasil pertanian. Bale Lumbung ini juga meruapakan icon dari kampung Sade, suku Sasak,karena bentuknya yang unik dan sangat khas.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat Suku Sasak
Rumah Adat Lombok, Lumbung

4. Bale Barugak / Sepekat, yaitu tempat yang dibangun sebagai tempat untuk menerima tamu dan sebagai tempat menerima lamaran.

Desain Bentuk Rumah Adat Lombok dan Penjelasannya, Rumah Adat suku Sasak
Rumah Adat Lombok, Barugak/Sepekat

Adapula bale – bale yang lainnya juga, jika penasaran, silahkan mendatangi langsung desa wisata budaya suku Sasak di Dusun Sade, Pulau Lombok.

Sekian ulasan saya mengenai desain bentuk rumah adat Lombok dan penjelasannya, semoga menarik, menghibur dan menambah wawasan kita semua. Sampai jumpa, terima kasih.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment