Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya – Minangkabau merupakan suku yang mendiami sebagain besar Sumatera, khususnya Sumatera Barat. Suku Minangkabau sangat lekat dengan budaya dan adat istiadatnya, hal itu dapat dilihat dari tradisi-tradisinya yang hingga saat ini masih dipertahankan. http://www.rumahperumahan.com/

Suku Minangkabau memiliki rumah adat atau rumah tradisional yang disebut rumah Gadang atau rumah Godang. Rumah adat Suku Minangkabau ini merupakan salah satu rumah adat yang paling indah di Indonesia, melihat desain bentuk dan keunikan dari Rumah Adat Orang Minang membuat banyak orang berdecak kagum, terutama para wisatawan asing yang tentu saja takjub melihat nilai arsitektur yang terkandung dalam rumah adat orang Minangkabau tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya, Rumah Adat Padang

Apa saja yang merupakan keunikan serta daya tarik dari Rumah Adat di Padang Sumatera Barat tersebut akan mimin sampaikan dalam tulisan Desain bentuk rumah adat Minangkabau dan Penjelasannya dibawah ini, silahkan disimak dan dicermati.

Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya, Rumah Adat Sumatera Barat

Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya :

Keunikan dari desain bentuk rumah adat Minangkabau terletak pada bentuk atapnya yang menjulang tinggi dan runcing serta bersusun, menyerupai bentuk tanduk kerbau. Rumah Adat asal Minangkabau didesain sesuai dengan kebutuhan keluarga, seperti jumlah kamar, jumlah kamar dalam rumah adat Minang harus sebanyak jumlah perempuan yang ada dalam keluarga tersebut.

Bentuk rumah adat Indonesia khususnya di wilayah padang ini adalah persegi panjang. Pada Rumah suku Minangkabau banyak memiliki ornament serta ukiran yang menghiasi rumahanya. Ciri khas Ukiran yang terdapat pada rumah adat Minangkabau adalah ukiran menyerupai tumbuhan, kebanyakan menyerupai tumbuhan merambat, akar berdaun, berbunga dan berbuah, motif bunga, motif daun, dan sebagainya.

Desain Bentuk Rumah Adat Minangkabau dan Penjelasannya, Rumah Adat Indonesia

Konsep arsitektur dalam desain bentuk rumah adat yang utama adalah anti gempa. Rumah adat orang Minangkabau sengaja didesain untuk beradaptasi dengan guncangan Gempa, karena pada jaman dahulu daerah Padang dan Sumatera Barat merupakan daerah rawan gempa. Untuk menghadapi gempa tersebut, maka tiang-tiang rumah adat Minangkabau tidak ditanam seluruhnya ke dalam tanah, melainkan di letakkan diatas suatu batu dating yang lebar dan kuat (yang berfungsi sebagai Pondasi), hal ini ialah untuk mengantisipasi bila tejadi gempa, maka rumah tidak akan roboh atau retak bahkan patah.

Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca desain bentuk rumah adat Minangkabau dan penjelasannya, semoga bermanfaat. salam budaya, salam lestari.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment