Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya – Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang terdiri dari dua buah pulau besar, yaitu, pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Dimasing –masing pulau memiliki jenis rumah adat tersendiri. Jadi secara garis besar, provinsi NTB memiliki dua jenis rumah adat dari dua pulau yang berbeda. http://www.rumahperumahan.com/

Berikut jenis Desain bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya :

a. Rumah adat NTB di pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa memiliki rumah adat yang dikenal dengan nama Rumah Adat Dalam Loka. Kini rumah adat Sumbawa sudah mulai terkikis oleh perkembangan jaman, sehingga sudah sangat jarang masyarakat Sumbawa membangun rumah tinggal dengan konsep arsitektur tradisionalnya. Salah satu bangunan di Sumbawa yang masih bersifat tradisional adalah istana Dalam Loka Samawa. Dalam Loka sendiri adalah sebutan buat istana kerjaan, jadi rumah adat ini adalah sebuah istana kerjaan yang dahulunya di buat oleh Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III di pulau Sumbawa. Lokasi tepat rumah adat orang NTB ini berada di Kota Sumbawa Besar. Saat ini rumah adat Sumbawa tersebut telah dilestarikan dan menjadi museum sejarah di Sumbawa.

Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya, Rumah Adat Sumbawa
Rumah Adat Sumbawa

Rumah adat Dalam Loka Samawa, adalah bangunan kembar yang disokong oleh 98 pilar yang terbuat dari kayu Jati. Terdapat 1 kayu kecil kayu kecil yang disebut pilar Guru, yang di buat dari pohon cabe, sehingga total jumlah keselurahan dari tiang rumah adat adalah 99 tiang. Rumah adat Indonesia di provinsi NTB ini dihiasi berbagai macam ukiran yang merupakan ciri khas dari pulau Sumbawa, ukiran ini biasanya berbentuk bunga atau dedaunan.

b. Rumah Adat NTB di Pulau Lombok

Di pulau Lombok, terdapat sebuat desa adat yang saat ini menjadi magnet yang menarik wisatawan dari seluruh penjuru negeri, desa tersebut bernama dusun Sade, desa Rembitan. Dusun Sade merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan asing. Di pulau Lombok, rumah adatnya di sebut Bale. Rumah Adat Bale ini ada beberapa macam, dapat dibedakan berdasarkan desain bentuk dan fungsinya masing-masing.

Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya, Rumah Adat Lombok
Rumah Adat Bale

Berikut beberapa desain bentuk rumah adat NTB di pulau Lombok dan Penjelasannya :

1. Bale Lumbung
Desain bentuk dari rumah adat Bale Lumbung ini kini menjadi icon untuk pulau Lombok dan merupakan cirri khas dari dusun Sade, karena bentuknya yang unik. Bale Lumbung adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan padi.
Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya, Rumah Adat Lombok
Rumah Adat Bale Lumbung

2. Bale Tani
Desain bentuk rumah adat Bale Tani adalah rumah adat yang dihuni oleh petani di dusun Sade.

Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya, Rumah Adat Lombok
Rumah Adat Bale Tani

3. Bale Jajar
Rumah adat suku Sasak yang disebut Bale Jajar adalah rumah yang dihuni oleh masyarakat dari kalangan menengah ke atas. Desain bentuknya hamper sama dengan rumah adat Bale Tani, yang berbeda adalah bagian pada Ruang Dalem Bale. Pada rumah adat Bale Jajar, terdapat dua ruang tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat NTB dan Penjelasannya, Rumah Adat Lombok
Rumah Adat Bale Jajar

Itu dia informasi-informasi mengenai Desain bentuk rumah adat NTB dan penjelasannya, dari sekian banyak rumah adat Indonesia, desain bentuk rumah adat NTB merupakan salah satu yang paling terkenal keunikannya, terutama rumaha adat suku Sasak di Lombok.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment