Desain Bentuk Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya – Rumah Adat Rakit merupakan rumah tradisional asal Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Rumah Adat Rakit adalah rumah yang berada di ata air. Rumah tersebut dibuat di atas sebuah rakit yang merupakan sebagai pondasinya. http://www.rumahperumahan.com/

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia sangat kaya akan budaya dan arsitektur tradisionalnya, dan salah satu kekayaan arsitektur berupa rumah adat Indonesia yang akan saya bahas kali ini adalah rumah adat Rakit asal Sumatera Selatan. Dalam tulisan ini akan saya bahas sedikit mengenai desain rumah adat Rakit dan Penjelasannya jika dikaji dari sudut pandang arsitektur tradisional.

Desain Bentuk Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya, Rumah Adat Bangka Belitung

Desain bentuk rumah adat Rakit dan penjelasannya :

Desain bentuk rumah adat ini tidak jauh beda dengan rumah biasa yang dibangun di atas tanah, namun keunikan dari rumah adat Rakit ialah terletak pada pondasinya yang tidak seperti pada rumah biasa pada umumnya. Karena rumah adat Rakit merupakan rumah yang digunakan di atas air, maka syarat utama untuk struktur rumah tersebut adalah harus memiliki gaya apung agar tidak tenggelam di dalam air saat ditempati oleh penghuninya.

Struktur Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya :

Struktur rumah adat Rakit terdiri dari pondasi, struktur badan yaitu tiang-tiang penyangga, dan rangka atap sebagai struktur penyangga untuk atap. Pondasi pada rumah adat Rakit berfungsi sebagai pengapung, untuk itulah digunakan bahan-bahan yang massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis air. Pada jaman dahulu Pondasi rumah Rakit biasanya terbuat dari Bambu, namun di jaman modern ini rumah adat Rakit juga mengikuti perkembangan jaman, sehingga sudah banyak pula yang menggunakan Drum sebagai pondasi Rumah Rakit. Untuk bagian dinding, dapat menggunakan bahan dari kayu, sebagai penutup atapnya yang digunakan adalah Ulit (daun yang dianyam sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai penutup atap), dan untuk menyatukan antara bagian per bagian, menggunakan tali yang terbuat dari Rotan, termasuk sebagai penyatu bagian pondasi.

Desain Bentuk Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya, Rumah Adat Indonesia

Keunggulan dari rumah adat Rakit diandingkan dengan rumah adat lainnya di Indonesia bahkan di seluruh dunia adalah, Rumah adat Rakit merupakan rumah anti banjir. Karena rumah tersebut dapat mengapung di atas air, sehingga kenaikan air akibat meluap tidak akan masuk ke dalam rumah dan membanjiri rumah tersebut karena rumah adat Rakit akan menyesuaikan diri dan akan meninggi mengikuti permukaan air. Selain itu keunggulan lainnya yang tidak kalah unik ialah rumah adat Rakit selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga berfungsi sebagai alat transportasi. Jadi sifat dari rumah adat orang Palembang ini adalah dapat berpindah – pindah.

Desain Bentuk Rumah Adat Rakit dan Penjelasannya, Rumah Adat Indonesia

Arsitektur Tradisional memang sangat unik dan menarik untuk dibahas serta dikaji lebih dalam, semoga Desain bentuk rumah adat Rakit dan penjelasannya di atas bisa sedikit menggerakkan hati pembaca untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia khususnya warisan arsitektur tradisional-nya. Oya, rumah adat Rakit tidak hanya ada di Palembang Sumatera Selatan saja lho, ada pula rumah adat provinsi Bangka Belitung dan Kalimantan (di Kalimantan namanya Rumah Adat Lantik) yang juga merupakan rumah Rakit alias rumah di atas air. Ahir kata, Terima kasih dan sampai jumpa.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment