Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya – Rote adalah nama sebuah kabupaten kepulauan yang juga sering disebut pulau Roti. Pulau ini merupakan pulau paling selatan dari Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Rote sangat familiar dengan Lontar karena disekitar pulau tersebut banyak ditumbuhi pohon Lontar. http://www.rumahperumahan.com/

Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur memiliki desain bentuk rumah adat yang berbeda dengan rumah adat di NTT yang lainnya. karena itu pada kesempatan ini saya ingin membahas dan mengulas sedikit mengenai rumah adat di Pulau Rote menurut kebanyakan orang merupakan salah satu daya tarik wisata di Pulau Rote selain wisata alam dan lautnya. langsung saja kita ke desain bentuk rumah adat Rote dan penjelasannya, silahkan disimak.

Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya, Rumah Adat Musalaki

Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya :

Rumah adat Rote disebut Rumah Musalaki, rumah adat orang Rote tersebut berbentuk persegi panjang, konsep desain rumahnya ialah konsep rumah panggung dengan ketinggian dari tanah sekitar 40-80 cm. rumah adat Rote keseluruhannya terbuat dari Kayu selain penutup atapnya yang terbuat dari daun Lontar atau anyaman alang-alang. Rumah adat suku Rote tersebut memiliki tangga yang menguhubungkannya dengan tanah, tangga tersebut hanya terdapat pada pintu masuk rumah. Dibagian depan rumah terdapat balai panjang yang digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu. Seperti halnya rumah adat panggung di daerah lain, rumah adat di pulau Rote ini juga memiliki pondasi yang tidak ditanam didalam tanah, melainkan pondasi yang berupa batu besar datar yang diletakkan di atas tanah sebagai penyangga tiang – tiang rumah, sehingga batu tersebut berfungsi sebagai pondasi rumah yang fleksibel terhadap guncangan gempa.

Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya, Rumah Adat Musalaki, Budaya Nusantara
Rumah Adat Indonesia memang sangat banyak model dan konsep desainnya, semua desainnya masing - masing disesuaikan dengan keaadaan alam dan lingkungan sekitar wilayah dibangunnya rumah adat tersebut. Begitu pun dengan rumah adat asal Rote, rumah adat Indonesia di Pulau Rote ini hampir keseluruhan bagian dari rumahnya ialah terbuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar lokasi pembangunan rumah. Pada bagian struktur rumah, menggunakan kayu-kayu berukuran cukup besar yang bisa didapatkan di sekitar lokasi pembangunan, dinding dan lantai merupakan bahan-bahan alami tradisional berupa papan kayu dan bambu, dan pada atapnya, menggunakan daun Lontar yang bisa didapatkan dibagian mana saja dari Pulau Rote.

Desain Bentuk Rumah Adat Rote dan Penjelasannya, Budaya Nusantara Indonesia

Begitulah sedikit ulasan mengenai rumah adat Rote yang disebut rumah Musalaki. Rumah tradisional yang didiami oleh suku Rote dengan desain dan konsep yang masih amat sangat sederhana. Semoga tulisan Desain bentuk rumah adat Rote dan Penjelasannya ini bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment