Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya – Mempelajari tentang arsitektur memang sangat menarik, karena arsitektur merupakan bagian paling tua dari semua awal kehidupan. Dari jaman nenenk moyang hingga sekarang, semua makhluk hidup tidak lepas dari yang namanya arsitektur karena arsitektur merupakan kebutuhan pokok dari seluruh makhluk hidup, yaitu sebagai tempat tinggal. Arsitektur hingga saat ini terus berkembang seiring denga perkembangan jaman. http://www.rumahperumahan.com/

Jaman dahulu manusia mulai mengenal arsitektur yaitu sebagai kebutuhan akan berlindung dari serangan alam, baik serangan cuaca, iklim, atau pun serangan dari binatang buas. Di era modern ini, rumah tinggal yang didesain oleh arsitek-arsitek dulu itu disebut rumah adat, karena model dan konsepnya masih sangat sederhana, maka timbulah istilah konsep arsitektur tradisional.

Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya, Arsitektur Tradisional

Salah satu contoh rumah adat di Dunia yang didesain oleh arsitek jadul adalah Rumah Adat Timor Leste. Dapat kita lihat dengan jelas hingga saat ini bahwa Desain Bentuk rumah adat Timor Leste masih sangat sederhana dan apa adanya dibandingkan dengan arsitektur modern sekarang. Kesederhanaannya itulah yang kini membuat rumah adat tersebut terlihat unik, menarik, dan menawan. Banyak arsitek-arsitek yang beraliran arsitektur tradisional meneliti dan mengkaji mengenai rumah adat orang Timor Leste tersebut. Beberapa fakta yang dapat diketahui dari Desain bentuk rumah adat Timor Leste dan penjelasannya sudah saya rangkum di bawah ini.

Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya, Arsitektur Tradisional

Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya :

Desain bentuk fasade rumah adat Timor Leste sangat sederhana, hanya berupa persegi seluas 16 m2, dengan ukuran 4 x 4 meter. Tata ruang dalam / pembagian ruang dalam rumah adat Timor Leste tidak banyak, rumah adat tersebut hanya terdiri dari dua ruang, yakni, ruang bersama dan dapur. Rumah adat dari Timor Leste ini memiliki sirkulasi udara yang sangat bagus, bentuknya yang kotak tanpa banyak sekat dalam rumah, memungkinkannya mendapatkan pergerakan udara yang bagus dengan membuat bukaan berupa jendela di ketiga sisi rumah, yaitu, sisi belakang (jendela pada dapur), sisi kiri dan kanan (jendela pada ruang bersama), dan satu pintu di bagian depan rumah. Berikut denah rumah adat suku di Timor Leste.

Desain Bentuk Rumah Adat Timor Leste dan Penjelasannya, Denah Rumah Adat Timor Leste
Denah Rumah Adat Timor Leste

Untuk melihat Rumah Adat Timor Leste secara langsung, bisa langsung datang ke wilayah Timor Leste (yang kini sudah bukan bagian dari Indonesia) atau mengunjunginya di TMII, terdapat banyak rumah adat Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, termasuk rumah adat Timor Leste, karna dahulu rumah adat Timor Leste merupakan bagian dari rumah adat 33 Provinsi di Indonesia, meskipun sudah bukan bagian dari rumah adat Indonesia, tapi rumah tersebut kini tetap di rawat dengan baik di TMII.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment