Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya – Rumah adat Gadang biasa juga disebut rumah adat Godang merupakan rumah adat khas daerah Minangkabau yang berada di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah adat Gadang ini merupakan rumah tradisional yang arsitekturnya masih merupakan arsitektur turun temurun dari para leluhur asal daerah Minang tersebut. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya akan diulas dalam tulisan ini secara singkat, tentang konsep arsitekturnya, serta keindahannya yang telah menjadi ciri khas dari rumah adat Gadang asal Sumatera Barat tersebut. Langsung saja, yuk simak ulasan singkat dibawah ini mengenai Desain bentuk rumah adat Gadang dan Penjelasannya :

Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya, Rumah Adat Sumatera Barat

Konsep Arsitektur pada Desain Bentuk rumah adat Gadang Masyarakat Minangkabau

Meski rumah adat Gadang ini menerapkan konsep arsitektur tradisional yang merupakan warisan leluhur, namun nilai estetika dan detail yang begitu kompleks dari desain bentuk rumah adat orang Minangkabau ini sangat memukau, hasil karya para arsitek terdahulu in memang patut diacungi empat jempol karena mampu mendesain dan menciptakan suatu karya arsitektur yang mengagumkan seperti rumah adat Gadang ini.

Adapun keindahan dan keunikan dari rumah adat Gadang, rumah adat suku Minangkabau yang seringkali membuat para pencinta seni bangunan berdecak kagum adalah :

Bentuk atapnya yang begitu khas, sekali lihat orang langsung tahu bahwa rumah adat tersebut adalah rumah tradisional asal Sumatera Barat. Bentuk puncak atapnya meruncing menyerupai bentuk tanduk Kerbau, dinding rumah seluruhnya dipenuhi dengan ukiran. Dinding rumah adat Gadang terbuat dari papan yang dipasang secara vertikal, semua dinding papan ini dipenuhi dengan ukiran yang bermotif tumbuhan merambat, akar berdaun, berbunga, dan berbuah yang mengisi suatu garis persegi atau melingkar.

Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya, Rumah Adat Sumatera Barat

Bukti keindahan dari arsitektur rumah adat Gadang ini ialah hingga kini rumah adat Gadang dinobatkan sebagai salah satu rumah adat terindah di dunia. Selain itu, keindahan rumah adat Gadang Indonesia ini juga telah diakui oleh arsitek-arsitek dari negara luar. Banyak arsitek-arsitek luar yang mengadopsi bentuk rumah adat Gadang ini dalam mendesain suatu bangunan, contohnya, bangunan Ton van De Ven yang ada di Belanda. Oleh arsiteknya, mengapliksikan sentuhan khas dari atap rumah Gadang Minangkabau dalam medesain bangunan yang merupakan pintu gerbang suatu taman hiburan di Negeri bunga Tulip ini, bangunan tersebut memiliki tingga hingga 52 meter.

Desain Bentuk Rumah Adat Gadang dan Penjelasannya, Rumah Adat Gadang di Belanda
Adopsi Rumah Adat Gadang di Belanda

Itu dia sedikit ulasan mengenai desain bentuk rumah adat Gadang dan penjelasannya secara singkat, semoga cukup untuk menumbuhkan rasa cinta budaya untuk melestarikan arsitektur tradisional Nusantara yang kini hampir pudar ditelan arsitektur modern. terimakasih dan salam budaya!

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment