Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya – Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu tempat wisata budaya yang didalamnya dapat ditemukan beberapa rumah adat di Indonesia. Di provinsi ini masih banyak desa dan kabupaten yang mempertahankan tradisi rumah tinggal mereka yang masih menggunakan konsep arsitektur tradisional. Sebut saja kabupaten Ogan Ilir, salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang sepanjang jalannya dipenuhi dengan deretan rumah adat khas daerah tersebut. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah Adat Indonesia yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah rumah adat orang Ogan Ilir yang berada di sepanjang jalan kabupaten Ogan Komering Ilir, bagaimana desain bentuk rumah adat Ogan Ilir dan penjelasannya.

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya, Rumah Adat Nusantara

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya :

Rumah adat di Ogan Ilir memiliki desain bentuk dengan konsep rumah panggung seperti halnya rumah adat Nusantara pada umumnya. Tapi kini rumah adat asal Ogan Ilir telah mengalami perkembangan pada desain arsitekturnya, terutama pada bagian kolong rumah panggung, yang dahulu merupakan ruang kosong atau ruang yang difungsikan sebagai kandang ternak, kini telah didesain lebih rapi sehingga dapat difungsikan, baik sebagai ruangan tertutup maupun sekedar ruang terbuka sebagai teras atau tempat bersantai-santai.

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya, Rumah Adat Nusantara

Rumah adat orang Ogan Ilir sama seperti rumah adat Sumatera Selatan pada umumnya, rumah adat tersebut disebut rumah Limas. Rumah adat ini disebut rumah Limas karena bentuk atapnya menyerupai bentuk Limasan.

Pada awal pembangunannya, konsep rumah panging yang diterapkan pada rumah adat Limas adalah karena kondisi lingkungan pada lahan dan site tempat pembangunan rumah tersebut yang merupakan wilayah rawa dan berair sehingga konsep arsitektur rumah panggung merupakan solusi tepat untuk kondisi geografis seperti itu, selain untuk menghindari air masuk dalam rumah, juga untuk menjaga kelembaban dalam rumah dengan adanya sirkulasi dan penghawaan dari kolong rumah yang menciptakan jarak antara tanah rawa dengan lantai rumah.

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya, Rumah Adat Nusantara

Struktur pada rumah adat Sumatera Selatan tersebut menggunakan kayu sebagai tiang-tiang utamanya, kayu yang biasa digunakan adalah jenis kayu tahan air seperti kayu besi seperti kayu Unglen atau kayu Merbau. Dindingnya terbuat dari papan kayu yang disusun secara vertikal. Ciri khas rumah adat Limas di Sumatera Selatan, termasuk yang ada di wilayah Ogan Ilir adalah memiliki teras yang dikelilingi dengan pagar berjeruji, pagar tersebut disebut Tenggalung.

 Adapun Filosofi yang terkandung pada rumah Adat di Ogan Ilir dan rumah adat Limas di seluruh Sumsel adalah pada bagian Tenggalung (pagar yang mengelilingi teras rumah) mengandung arti bahwa pagar tersebut ialah sebagai penghalang anak gadis agar tidak keluar dari rumah.

Desain Bentuk Rumah Adat Ogan Ilir dan Penjelasannya, Rumah Adat Nusantara

Begitulah keunikan masing-masing dari rumah adat di Indonesia, termasuk Rumah adat Ogan Ilir yang memiliki keunikannya sendiri. Semoga artikel Desain bentuk rumah adat Ogan Ilir dan Penjelasannya ini dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa di rumah adat Nusantara lainnya.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment