Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya – Wamena adalah nama sebuah perkampungan adat yang terletak di Papua, Indonesia. Di Wamena, tepatnya di lembah Baliem terdapat sebuah kampung adat yang tersusun dari unit- unit rumah adat tradisional yang berbentuk unik dan sangat eksotik menyatu dengan pesona alam pedesaan yang sangat menarik. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah adatrumah adat di Wamena tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal bagi penduduk lokalnya, namun juga menjadi objek wisata bagi wisatawan-wisatawan yang berkunjung di kampung adat tersebut, selain mendapatkan suguhan pesona alam yang masih sangat natural, visual adat buday dan istiadat yang masih kental di desa tersebut membuat banyak penikmat wisata budaya betah berlama-lama untuk mengamati desa Wamena tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya, Rumah Adat Honai

Desain bentuk rumah adat Wamena memang terbilang unik dibandingkan dengan desain bentuk rumah adat Indonesia lainnya. Keunikan dari desain bentuk rumah adat Wamena terletak pada bentuknya yang melingkar seperti Jamur. Berikut ini sedikit pandangan dari segi arsitektur mengenai desain bentuk rumah adat Wamena dan penjelasannya :

Rumah adat asal Wamena, Papua ini disebut Rumah Adat Honai. Rumah adat asal Wamena ini memiliki desain bentuk melingkar sebagai upaya untuk beradaptasi dengan keadalam iklim dan cuaca setempat. Berhubung cuaca di sekitar Lembah Baliem, Wamena cukup dingin dan tiupan angin cukup kencang, maka solusi yang ditawarkan untuk bentuk rumah yang dapat meminimalisasi resiko tertiup angin dan cuaca dingin, adalah dengan mendesain tempat tinggal yang berbentuk lingkaran.

Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya, Rumah Adat Papua

Struktur lingkarang pada rumah adat suku Dani di Wamena ini mampu mengarahkan tiupan angin yang menerjang rumah sehingga, tiupan angin yang kencang sekalipun tidak akan menghancurkan rumah, karena mengikuti pola melingkar dari struktur rumah adat Papua ini. Selai itu, dengan bentuk melingkar, maka sirklasi pergerakan udara baik didalam maupun di luar rumah akan lebih stabil, terutama bagian dalam rumah. Rumah adat orang Wamena tidak haya terkenal karena bentuknya yang unik menyerupai Jamur, tapi juga karena bahan – bahan konstruksi dalam membangun rumah adat suku di Wamena ini seluruhnya diambil dari alam yang ada di daerah sekitar perkampungan. Bahan – bahan yang masih sangat sederhana ini dapat menjadi sebuah rumah yang koko yang dapat melindungi penghuninya dari gangguan alam, baik gangguan cuaca, iklim, maupun gangguan dari binatang buas.

Struktur rumah adat asal Wamena terbuat dari Kayu, bagian atapnya berbentuk seperti tempurung kelapa (atau seperti helm) terbuat dari rangka kayu pilihan dan ditautkan dengan menggunakan tali rotan, lalu ditutupi dengan Jerami dan Ilalang kering yang dianyam sedemikia rupa sehingga dapat menahan rembesan air hujan dan menangkis panasnya sinar matahari.

Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya, Struktur Rumah Adat Papua

Filosofi yang terkandung dalam desain bentuk rumah adat Wamena dan Penjelasannya :

1. Bentuk yang melingkar dan bulat pada rumah adat suku Dani di Wamena mengandung filosofi yang berarti persatuan. Artinya bahwa dengan kesatuan dan persatuan masyarakat Wamena mampu mempertahankan budaya yang telah dipertahankan oleh Nenek Moyang dari dulu hingga kini.

2. Rumah Adat Honai yang ditinggali bersama-sama oleh lebih dari satu kepala keluarga mengandung filosofi yang berarti bahwa dengan tinggal dalam satu Honai maka kita sehati, sepikir dan satu tujuan dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Rumah adat Honai bukan hanya tempat tinggal, melainkan symbol dari kepribadian. Yang artinya rumah adat tersebut harus tetap dipertahankan karena merupakan martabat suku Dani yang harus dijaga oleh keturunan Dani di masa yang akan datang.

Desain Bentuk Rumah Adat Wamena dan Penjelasannya, Rumah Adat Papua

Sekian sekilas coretan mengenai desain bentuk rumah adat Wamena dan penjelasannya. Semoga penjelasan mengenai rumah adat Papua di Wamena dari sudut pandang arsitektur ini bermanfaat dan dapat menambah wawan para pencinta arsitektur Nusantara. Salam budaya, salam Arsitektur.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment