Desain Bentuk Rumah Adat Woloan dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Woloan dan Penjelasannya – Sebuah Desa yang bernama Desa Woloan yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, menyimpan salah satu harta kekayaan budaya arsitektur yang ada di Indonesia. Di Desa tersebut terdapat kekayaan berupa Rumah Adat tradisional warisan leluhur yang disebut Rumah Adat Minahasa. http://www.rumahperumahan.com/

Desain Bentuk Rumah Adat Woloan dan Penjelasannya, rumah adat sumatera utaraRumah Adat Woloan asal Tomohon, Manado, Sulawesi Utara, Indonesia, memiliki Desain bentuk yang unik dan sangat menarik sehingga banyak penduduk dari luar Negeri yang tertarik untuk membeli dan memiliki rumah adat orang Woloan tersebut. Sebut saja turis-turis dari Venezuela, Argentina, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya yang pernah mencari dan memesan desain bentuk rumah adat asal Woloan tersebut untuk dibangun di Negara mereka. Ketertarikan para turis Mancanegara ini terhadap rumah adat Woloan bukanla tanpa sebab, alasannya adalah keunikan dari desain bentuk rumah rumah adat di Sumatera Utara ini yang mengusung konsep Knok-Dwon alias bongkar pasang. Desain bentuk rumah adat Woloan tersebut merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan sistim bongkar pasang per elemennya sehingga rumah tersebut dapat dibongkar, dipindahkan dan dapat dipasang kembali di lokasi yang berbeda, bahkan dapat dipasang di luar Negeri, itulah alasan mengapa para turis tertarik untuk memiliki rumah adat Woloan tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Woloan dan Penjelasannya, rumah adat sumatera utara

Rumah adat di Woloan merupakan rumah adat khas yang dimiliki oleh daerah Sumatera Utara, tepatnya di desa Woloan, Tomohon. Di Desa tersebut rumah adat Woloan lebih dikenal dengan nama rumah adat Minahasa. Berdasarkan filosofi pembangunannya, rumah adat Woloan asal Sumatera Utara ini wajib memiliki dua buah tangga, yaitu tangga kiri dan tangga kanan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai desain bentuk rumah adat Woloan dan penjelasannya yang telah mimin dapat dari berbagai sumber :

Desain bentuk rumah adat Woloan dan Penjelasannya

Fasad bangunan rumah tradisional di Woloan ini terlihat seperti rumah panggung, terbuat dari kayu dan papan. Rumah panggung tersebut berdiri diatas tiang kayu sejumlah 16 hingga 18 buah. Dibagian depan rumah terdapat serambi dan dua buah tangga, tangga kiri dan tangga kanan. Pembagian ruang dalam rumah adat Woloan terdiri dari setup (emperan), ruang tamu (leloangan), ruang tengah (proses) dan kamar-kamar yang digunakan untuk tidur. Bagian belakang rumah terdapat balai-balai untuk menyimpan peralatan dapur dan peralatan makan dan minum, serta tempat untuk mencuci dan memasak. Ada pula ruangan di Loteng (Soldor) dan ruangan di kolong rumah antara lantai rumah dan permukaan tanah.

Masing masing ruang tersebut memiliki fungsi tersendiri, contohnya ruang setup, berfungsi sebagai tempat menerima tamu, terutama bila sedang mengadakan perjamuan atau upacara keluarga. Bagian loteng pun tidak luput dari fungsi penting, yaitu digunakan sebagai tempat menyimpan hasil panen sebagai persedian bahan makanan. Sedangkan kolong rumah, digunakan sebagai tempat penyimpanan (gudang), baik alat pertanian, papan, balok. Selain itu juga digunakan sebagai tempat untuk memelihara hewan ternak.

Desain Bentuk Rumah Adat Woloan dan Penjelasannya, rumah adat sumatera utara

Jika berbicara tentang rumah adat di Indonesia, memang tidak pernah habisnya, karena ada banyak keunikan, keindahan, dan keistimewaan yang menjadi ciri dari masing-masing rumah adat tersebut, termasuk bahasan desain bentuk rumah adat Woloan dan penjelasannya kali ini, rasanya masih banyak hal lain yang masih perlu dikupas mengenai rumah adat asal Sumatera Utara ini, namun untuk kesempatan ini saya cukupkan sekian, semoga dilain kesempatan masih bisa melanjutkan dengan informasi lainnya yang lebih bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih dan salam arsitektur tradisional Nusantara.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment