Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya – Salam Arsitektur Tradisional... kali ini saya akan membawa para pencinta budaya arsitektur untuk menikmati keindahan rumah adat tradisional dari Negeri Gingseng, Rumah Adat Hanok asal Korea Selatan. http://www.rumahperumahan.com/

Hanok adalah sebutan bagi rumah adat di Korea, Korea Selatan, yang terkenal dengan negara sebagai penghasil Gingseng terbaik dan pencetus drama-drama dengan pemain yang cakep-cakep, hahahah :D oke, lanjut ke topik! Jadi, salah satu rumah adat di duniaRumah Adat asal Korea yang disebut Hanok ini memiliki Desain Bentuk yang luar biasa indah, penuh seni dan sangat artistik, selain itu, konsep-konsep tradisionalnya yang kental akan nilai budaya dari negara kelahiran Lee Min Hoo ini sangat sayang jika dilewatkan informasi mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya dibawah ini.

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya, Rumah Adat Korea Selatan

Berikut detail-detail Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya dari sudut pandang arsitektur tradisional Korea Selatan :

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok yang paling mendasar dari pembangunan rumah adat Hanok adalah pemilihan site dengan mempertimbangkan, keadaan geografi, iklim, dan cuaca pada lokasi pembangunan rumah adat Orang Korea ini. Setelah mempertimbangkan segala aspek tersebut, maka akan terbentuk desain bentuk rumah adat Hanok yang dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, dengan mempertahankan potensi dan mengurangi resiko yang mungkin saja terjadi pada lokasi pembangunan rumah adat Hanok tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya, Rumah Adat Korea Selatan

Desain bentuk atap Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya :

Ciri khas dari rumah Adat Hanok yang paling memikat mata adalah pada bagian atapnya. Seperti halnya rumah adat lain, atap selalu yang paling menonjol dari tiap bangunan adat tradisional, atap sering kali menjadi simbol dan pusat filosofi dari tiap bangunan budaya, begitu pun halnya dengan bangunan rumah adat orang Korea ini. Bentuk atap rumah adat Hanok didesain melengkung ke atas, lengkungan tersebut disebut cheoma. Panjang cheoma menentukan jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam Hanok. Material penutup atap pada rumah adat Hanok ada dua macam, kedua material atap ini ditentukan oleh tingkat status dari pemilik rumahnya, yaitu giwajip (rumah beratap genting) yang dihuni kalangan atas (yangban) dan chogajip (rumah beratap jerami) yang dihuni kalangan petani. Di Korea, rumah beratap Genting biayanya agak mahal, sehingga hanya orang kalangan atas yang mampu membuat rumah Hanok dengan atap Genting, sedangkan rakyat biasa atau Petani tinggal di rumah beratap jerami yang bahan-bahannya mudah didapat dan biaya lebih murah. Hanok beratap genting hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal, sedangkan hanok beratap jerami sudah menjadi bangunan langka.

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya, Rumah Adat Korea Selatan

Konsep Pembangunan Rumah Adat Hanok dari Korea Selatan

Rumah Adat Hanok di Korea Selatan menerapkan konsep atau prinsip Baesanimsu dalam membangun Rumah Adat mereka. Prinsip Baesanimsu memiliki arti secara harfiah yaitu mengatur rumah ideal dengan cara membelakangi gunung, dan bagian depan rumah menghadap sungai. Oleh sebab itu dalam membangun rumah adatnya, masyarakat Korea Selatan selalu berorientasi ke Sungai dan membelakangi daerah Gunung. Rumah Adat Hanok selalu dibangun menghadap ke arah Timur atau Selatan dengan maksud untuk mendapatkan curahan sinar Matahari yang cukup.

Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan Penjelasannya, Rumah Tradisional Korea Selatan

Itu dia sedikit pelajaran hari ini mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Hanok dan penjelasannya, semoga informasi yang sangat sedikit ini menjadi pemicu bagi para pecinta budaya untuk terus mempelajari, mencintai dan ikut turut serta dalam melestarikan budaya – budaya arsitektur yang kian tergerus jaman modern ini. Sampai jumpa, salam Arsitektur Tradisional. ^_^

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment