Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya – Rumah adat merupakan icon dari suatu daerah tertentu, kadangkala rumah ada bisa menjadi identitas diri dari daerah tersebut berkat keunikan dan ciri khas-nya yang selalau menonjolkan sifat-sifat kearifan lokal daerahnya. Dan tiap daerah tentu memiliki kearifan lokal masing-masing yang mewakili wilayahnya. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah adat rupanya tidak hanya dimiliki oleh Indonesia, di negara-negara lain pun juga memiliki rumah adat yang merupakan rumah tradisional yang dibangun dengan konsep arsitektur tradisional yang disesuaikan dengan kondisi wilayah tersebut. Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan menampilakan 5 rumah adat unik di dunia dan penjelasannya.

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat China

Oya, Sekedar informasi, Konsep Rumah adat atau rumah tradisional, dalam ilmu arsitek disebut konsep arsitektur Vernakular, yaitu arsitektur yang didesain berdasarkan potensi kearifan lokal suatu daerah. Saat ini, perkembangan arsitektur semakin menarik, di era modern seperti sekarang ini tentu arsitektur tradisional akan akan mulai tersingkir oleh perkembangan arsitektur modern. Berikut ini adalah beberapa contoh Arsitektur tradisional, yaitu rumah adat – rumah adat dari berbagai belahan dunia.

5 Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya :

1. Rumah Adat Unik di Dunia yang pertama berasal dari negara bagian utara-timur India, Negara Nagaland, tepatnya berada di Desa Naga Heritage, Kohima. Rumah Adat yang unik ini merupak tempat tinggal bagi suku Angami Naga di India.

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat di India

2. Rumah Adat Unik di Dunia selanjutnya berasal dari Negara Ghana. Keunikan dari rumah adat Ghana ini adalah karena lukisan warna-warni yang terdapat pada seluruh dinding rumah adat tersebut. Kini kawasan rumah adat yang terletak disebuah desa 8 km sebelah barat Bolgatanga ini menjadi kawasan wisata populer bagi para wisatawan.

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat Negara lain

3. Rumah Adat Unik di Dunia nomor tiga berasal dari Negara Cina. Di Cina terdapat Rumah Adat yang disebut Rumah Xinle, rumah tersebut merupakan rumah bagi peradaban suku Xinle yang berkembang di China pada 7.200 tahun lalu. Keunikan dari Rumah Tradisional Cina ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan pengamat arsitektur Tradisional.

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat Cina

4. Rumah Adat Unik di Dunia berikutnya adalah Rumah Yoshinogari Dwellings, rumah adat ini berasal dari Jepang. Rumah Adat di Jepang ini sudah ada sejak abad ke tiga sebelum Masehi. Rumah Adat yang kini menjadi tempat wisata ini berada di Kyushu, Jepang. Kini kawasan rumah adat Jepang ini menjadi kawasan yang dilindungi dan menjadi tujuan wisata, total luas pemukiman tradisional ini mencapai 40 hektar.
Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat Jepang

Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Tradisional di Jepang

5. Masih di Jepang, Rumah adat Unik di dunia satu lagi adalah rumah adat Toro Pit. Rumah adat Toro Pit berada di Shizouka yang terletak tidak jauh dari ibukotanya Jepang, Tokyo. Rumah adat dengan desain yang sangat Unik ini telah dibangun sejak abad ke 1.
Rumah Adat Unik di Dunia dan Penjelasannya, Rumah Adat Jepang, Wisata Arsitektur Jepang

Rumah adat memang sangat menarik untuk dipelajari, saya harap dengan membaca beberapa informasi mengenai Rumah adat Unik di Dunia dan Penjelasannya ini, tidak hanya akan menambah wawasan untuk para pembaca, namun juga memberikan sedikit wisata arsitektur, walaupun hanya dalam bentuk gambar, sehingga timbul keinginan untuk engunjungi langsung tempat-tempat rumah adat Unik di Dunia tersebut secara langsung.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia



Post a Comment