Desain Bentuk Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya – Rumah Adat Tradisional asal Jawa Tengah merupakan tema bahasan kita dalam jelajah Rumah Adat di Indonesia kali ini. Dalam bahasan mengenai rumah adat tradisional memang tidak akan pernah lepas dari tema yang berkaitan dengan arsitektur Nusantara, yang merupakan arsitektur dengan desain yang khas, unik, dan mencirikan kearifan lokal daerah yang ada di Indonesia. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah Adat di Indonesia yang akan kita kupas kali ini ialah mengenai konsep desain arsitektur tradisional Rumah adat asal Jawa Tengah. Rumah Adat dari Jawa Tengah ini dikenal dengan nama Rumah Joglo. Di bawah ini telah mimin petik beberapa point mengenai desain bentuk rumah adat Jawa Tengah dan Penjelasannya.

Desain Bentuk Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya, Gambar Rumah Joglo

Desain Bentuk Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya :

Struktur Desain Bentuk Rumah adat Jawa Tengah disebut Soko Guru. Soko Guru berarti kerangka atau pilah yang membentuk (yang merupakan struktur) pada rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Desain Rumah adat Jawa Tengah yang origial sebenarnya hanya terdiri dari 4 tiang utama (dalam dunia arsitektur disebut kolom utama) dan Tumpang sari. Tumpang sari sendiri berarti susunan balok kayu yang merupakan struktur balok pada rumah adat daerah Jawa Tengah tersebut. Desain Rumah Adat Jawa Tengah pada umunya berbahan dari material Kayu. Tapi pada perkembangannya saat ini, banyak bermunculan rumah adat – rumah adat yang mencampurkan antara konsep arsitektur rumah adat dipadukan dengan arsitektur modern sehingga, baik bahan maupun bentuk fasadnya sudah banyak mengalami perkembangan.

Tata Ruang dalam serta desain Interior Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya :

Rumah Adat suku di Jawa Tengah ini terdiri dari tiga ruang utama, yaitu Paviliun Pertama, Pringgitan, dan Omah Ndalem Terakhir (Omah Njero). Paviliun pertama merupakan tempat atau ruang untuk menerima kedatangan tamu. Ruang Pringgitan merupakan ruang yang digunakan untuk acara hiburan, seperti pertunjukan wayang Golek. Dan bagian terahir adalah Omah Njero merupakan ruang privat yang digunakan sebagai tempat tidur. Dalam bagian Omah Njero, ruangan terbagi lagi menjadi 3 kamar secara berderet.

Desain Bentuk Rumah Adat Jawa Tengah dan Penjelasannya, Rumah Adat Joglo

Filosofi Rumah adat Jawa Tengah dan Penjelasannya :

Keutamaan dari desain bentuk rumah adat Jawa Tengah jaman dahulu adalah nilai filosofi yang terkandung dalam desain rumah adat tersebut. Adapun filosofi yang terkandung dalam rumah adat orang Jawa Tengah tersebut adalah bentuk rumah adat Joglo menunjukan status kelas sosial tertentu di dalam masyarakat. Rumah Joglo hanya dimiliki dan ditinggali oleh orang-orang yang berstatus ekonomi tinggi. jaman dulu, rumah Joglo hanya ditinggali oleh kaum Bangsawan.

Itu dia sedikit informasi mengenai Desain Bentuk Rumah adat Jawa Tengah dan Penjelasannya, semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap keanekaragaman arsitektur tradisional Nusantara. Salam lestari budaya, sampai jumpa.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment