Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya

Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya – Indonesia terkenal dengan ragam adat budaya dan tradisinya yang unik serta memiliki ciri khas tersendiri di tiap daerahnya, dimana ciri khas tersebut menjadi identitas diri yang mengandung nilai-nilai budaya serta kearifan lokal dari daerah tersebut. Salah satu ciri khas yang menggambarkan kearifan lokal daerah Kalimantan Tengah adalah Rumah Adatnya. http://www.rumahperumahan.com/

Rumah Adat di Kalimantan Tengah disebut Rumah Bentang. Rumah Bentang merupakan rumah yang dibangun dengan konsep arsitektur tradisional, yang dimana didalamnya terkandung nilai-nilai filosofi, kearifan lokal, serta nilai keagamaan dari Kalimantan Tengah tersebut. Rumah Adat ini dibangun oleh suku Dayak yang berada di Kalimantan Tengah. Dalam dunia Arsitektur, Rumah Adat Kalimantan Tengah sering mendapat perhatian karena keunikan dan keindahannya, baik dari segi desain fasad, filosi, struktur, maupun nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam rumah adat tersebut.

Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya, Rumah Adat Bentang

Rumah Adat di Indonesia memang beragam dan masing-masing memiliki ciri tersendiri, untuk melihat dan mendalami ciri dari tiap rumah adat suku Dayak tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai ciri khas serta keunikan dari Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya.

Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya dari sudut pandang Arsitektur Tradisional

Desain fasad Rumah adat Kalimantan Tengah adalah berbentuk panggung, berukuran panjang antara 9 – 15 meter, dan selalu berorientasi dari Timur ke Barat. Strktur dan konstruksi rumah adat asal Kalimantan Tengah ini adalah dari material kayu Belian, besar kolom antara 20 – 40 cm.

Penataan dan pengaturan ruang dalam pada Rumah Adat Bentang cukup sederhana. Bagian pinggir kiri dan kanan rumah merupakan ruang berdinding atau disebut bilik, ruang-ruang tersebut disekat menggunakan papan kayu. Bilik-bilik ini merupakan rumah atau kamar untuk tiap satu keluarga. Bagian tengah, yaitu ruang antara bilik kiri dan kanan yang saling berhadapan merupakan area los (dalam istilah modern disebut aula).

Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya, Denah Rumah Bentang Kalimantan

Secara Filosofi, Rumah Adat Orang Kalimantan Tengah ini terbagi dalam 3 bagian utama. Adapun 3 bagian tersebut adalah ruang utama, ruang bunyi gong, ruang ragawi yang tidak terlihat. Ruang utama merupakan ruang yang mehubungkan manusia dengan alam surgawi. Ruang kedua adalah ruang yang menghubungkan manusia dengan penghuni surgawi, dan yang ketiga adalah ruang surgawi yang juga adalah ruang ragawi.

Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya, Potongan Rumah Adat Kalimantan, Rumah Bentang

Sekian sedikit informasi mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Tengah dan Penjelasannya, semoga bermanfaat, menambah wawasan, dan menumbuhkan rasa cinta budaya hingga pembaca tergerak hatinya untuk ikut melestarkan keberadaan rumah adat Indonesia yang kian tergeser oleh perkembangan arsitektur modern. Ahir kata, terimakasih dan sampai jumpa pada tulisan berikutnya mengenai Desain Bentuk Rumah Adat Kalimantan Timur.

Informasi Properti Rumah dan Perumahan di Indonesia


Post a Comment